Cara Menjawab Adzan dan Keutamaan Mengamalkan Menjawab Adzan

Salah satu adab yang harus dilakukan saat mendengarkan suara adzan yaitu menjawab adzan sesuai sunnah. Saat adzan berkumandang, sebagai muslim yang baik hendaknya memperhatikan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Saat adzan berkumandang, seorang muslim haruslah menjawab adzan dengan membaca sholawat nabi. Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjawab adzan. Cara menjawab adzan juga bisa dilakukan dengan mengucapkan beberapa kalimat berikut ini.

Bacaan Adzan dan Cara Menjawab AdzanBerikut ini adalah bacaan adzan yang dikumandangkan oleh muadzin dan cara menjawabnya beserta artinya.

Cara Menjawab Adzan

  • Allahu Akbar, Allahu Akbar yang artinya Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Kalimat ini diucapkan sebanyak dua kali.
  • Asyhadu Alla illaha illallah yang artinya Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah. Kalimat ini juga diucapkan sebanyak dua kali.
  • Asyhadu anna Muhammadar rasulullah yang berarti aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. Kalimat ini diucapkan dua kali.
  • Hayya’alashshalaah yang berarti marilah dirikan sholat dan diucapkan sebanyak dua kali.
  • Hayya’alalfalaah yang berarti marilah menuju kepada kejayaan. Kalimat ini pula diucapkan sebanyak dua kali.
  • Allahu akbar, Allahuakbar yang berarti Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
  • Laa ilaaha illallah yang berarti tiada tuhan selain Allah.

Saat mendengar bacaan adzan ini, sebagai muslim yang baik hendaknya menjawab adzan tersebut. Cara menjawab adzan yang baik dan benar yaitu sebagai berikut.

  • Pada saat muadzin melafalkan takbir atau Allahu akbar, maka hendaknya dijawab menggunakan kalimat yang sama.
  • Bacaan adzan Asyhadu Alla illaha illallah dan Asyhadu anna Muhammadar rasulullah juga dijawab menggunakan balasan kalimat yang sama.
  • Pada saat bacaan adzan Hayya’alashshalaah dan Hayya’alalfalaah , kalimat ini hendaknya dibalas dengan membaca la khaula wa laa kuwata illa billaah.
  • Pada saat dikumandangkan adzan subuh, terdapat bacaan adzan yang cukup berbeda yaitu adanya tambahan “as shalaatu khairum minan naum” yang berarti bahwa benar dan baguslah ucapanmu itu dan akupun atas yang termasuk orang-orang yang menyaksikan.
  Doa Setelah Adzan dan Keutamaannya

Setelah mengetahui cara menjawab adzan yang baik dan benar, pada saat setelah mendengar lantunan suara adzan hendaknya seorang muslim membaca doa setelah adzan. Membaca doa setelah adzan akan memberikan banyak sekali keutamaan atau keistimewaan.

Tak hanya membaca doa setelah adzan saja yang bisa mendatangkan kebaikan. Menjawab adzan juga akan memberikan banyak sekali manfaat. Beberapa keutamaan berikut ini adalah keutamaan yang didapatkan dengan menjawab adzan.

Keutamaan Menjawab Adzan

– Mendapatkan surga Allah

Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan surga dari Allah SWT. Salah satunya yaitu dengan menjawab adzan. Saat menjawab adzan, orang muslim akan banyak membaca sholawat nabi. Didalam sholawat nabi, terdapat banyak sekali kebaikan.

Dengan membaca sholawat nabi atau menjawab adzan secara tulus dari hati maka Anda bisa mendapatkan beribu-ribu kebaikan. Kebaikan inilah yang bisa mengantarkan Anda menuju surga Allah.

– Diampuni Dosanya

Keutamaan mengetahui cara menjawab adzan yang baik dan benar yaitu bisa diampuni dosa-dosanya. Hal ini disebutkan pada hadist Riwayat 1565 dan muslim 386 yang menyebutkan bahwa dengan membaca Asyhadu Alla illaha illallah dan Asyhadu anna Muhammadar rasulullah maka akan diampuni dosa-dosanya.

Jawaban atas adzan merupakan salah satu doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa-doa tersebut secara tulus dan dari keyakinan hati maka Allah akan memberikan ampunan kepada hambanya.

– Mendapatkan safaat

Safaat merupakan hal yang paling dinantikan oleh seluruh umat Islam pada saat hari kiamat. Mendapatkan syafaat dari Rasulullah di hari kiamat nanti bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan membaca atau menjawab suara adzan tulus dari hati.

Menjawab adzan dengan tulus dan ikhlas akan senantiasa didengarkan oleh Allah SWT. Terlebih lagi, Syafaat merupakan manfaat yang paling diharap-harapkan supaya menjauhkan umat Islam dari hal-hal yang dianggap buruk.

Dengan mengetahui cara menjawab adzan yang baik dan benar serta mengamalkannya secara tulus hati maka Allah akan memberikan beribu-ribu kebaikan serta memberikan ampunan kepada umat muslim yang mengamalkannya. Dan baca juga mengenai doa setelah adzan sesuai sunnah.

Leave a Comment