Doa Agar Meninggal dalam Keadaan Khusnul Khotimah

Doa Khusnul Khotimah – Allah melaui Kuasa dan kehendak-Nya menciptakan makhluk berupa manusia untuk senantiasa taat dan tunduk kepada perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Manusia adalah makhluk yang memiliki bentuk fisik yang paling sempurna.

Meski setiap orang yang terlahir di dunia ini memiliki kemampuan yang berbeda, namun Allah tetap memberikan nikmat, berkah, serta kebaikan sesuai dengan porsi masing-masing.

Selain menciptakan manusia, Allah juga menciptakan mahkluk lain. Berbeda dengan manusia, makhluk Allah yang berupa Malikat merupakan salah satu hamba yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia di muka bumi ini. Jika manusia dibuat dari tanah, Malaikat diciptakan dari cahaya.

Malikat diciptakan Allah dengan dibekali sifat taat, yang senantiasa taat kepada Allah. Sedangkan manusia dibekali dua hal besar yaitu akal pikiran dan nafsu. Itulah yang akan menentukan manusia beriman atau tidak, taat atau durhaka dan lain sebagainya.

Di hadapan Allah, kualitas hidup yang baik bukan tergantung pada tahta, kuasa dan kekayaan yang banyak. Akan tetapi berdasarkan pada akhlak, ibadah, dan segala tingkah lakunya yang akan dihitung oleh Allah nanti di Yaumul Akhir. Tahta, jabatan atau kekuasan dan harta benda yang melimpah hanyalah titipan dari Allah.

Dan kita manusia akan kembali di hadapan Allah SWT. Semua orang muslim pasti menginginkan untuk kembali dalam keadaan taubat dan selamat serta khusnul khotimah. Karena tidak bisa dipungkiri, bahawa setiap manusia pasti tidak luput dari kesalahan

Tujuan Do’a Khusnul Khatimah

Untuk kembali dihadapan Allah tentu harus berbekal amal ibadah yang banyak dan dalam keadaan yang bersih baik raga maupun jiwanya. Allah Maha Pengampun atas segala perbuatan buruk yang dilakukan oleh manusia melalui pintu taubat.

Untuk dapat kembali dalam keadaan khusnul khotimah, selain bertaubat kita juga sebagai makhluk harus senantiasa berdo’a agar kembali dalam keadaan khusnul khotimah.

Apa itu khusnul khotimah? khusnul khatimah merupakan keadaan dimana sesorang meninggal dunia dalam keadaan baik dan membawa islam serta islam. Hal yang sangat dinanti-nanti oleh hamba-Nya yang taat dan bertakwa.

Do’a ini bertujuan untuk terus membimbing kita agar selalu mengingat pada akhir hidup yang baik. Berikut salah satu do’a khusnul khotimah dari sebuah hadis yang diriwayaktan oleh Imam Ahmad yang dapat membantu kita, seperti:

اللهُمَّ تَوفَنَا مُسلِمينَ وأَحيِنَا مُسلِمينَ وأَلحِقنَا بِالصَالِحينَ غَير خَزايا وَلَا مَفتُونِين

“Allahumma Tawaffana Muslimiina, Wa Wa Ahyana Muslimiina, Wa Al-Hiqaa Bish-Shaalihina, Ghairu Khazaayaa Wa Laa Maftuuniin.”

Artinya:

“Ya Allah, matikanlah kami dalam keadaan berserah diri dan hidupkanlah kami dalam keadaan berserah diri. Kumpulkanlah kami bersama orang-orang yang shalih tanpa ada kehinaan dan bukan dalam keadaan mendapat cobaan. [HR. Imam Ahmad: 15573]

Dari do’a tersebut dapat diambil pelajaran bahwa, hanya kepada Allahlah kita berharap dan berserah diri dalam hidup dan mati.

Berserah diri di sini bukan berarti pasrah, akan tetapi kita sudah berusaha dan bertaubat sebelum nanti kembali kehadapan-Nya dalam kedaan khusnul khotimah. Serta berada di syurga bersama golongan orang-orang yang shalih dan selamat.

Manfaat Doa Khusnul Khotimah

Do’a dalah sebuah harapan dan permohonan kepada Allah untuk menghendaki apa yang diinginkan oleh kita. Setelah kita berusaha secara maksimal, tempat aduan kita yang terbaik adalah melalui do’a kepada Allah.

Do’a khusnul khotimah ini juga salah satu harapan untuk kita kembali dalam keadaan yang terjagadan bahagia.

Manfaat dari do’a ini juga sama halnya dengan do’a yang lainnya, hal tersebut sesuai dengan niatnya. Imam Nahrawi daam hadisnya menuliskan tentang do’a agar selamat dan bahagia saat meninggal nanti. Do’a yang ditulis adalah sebagai berikut.

doa selamat dan bahagia

Artinya:

arti doa selamat

Alangkah baiknya jika do’a khusnul khotimah tersebut dibaca secara terus menerus atau istiqomah setiap pagi. Waktu yang tepat adalah setelah melaksanakan selepas shalat subuh dan qobliyah subuh. Dengan Izin Allah SWT insyaallah akan terijabah, dengan niat khusus dan yakin serta ikhlas.

Keunggulan Do’a Khusnul Khotimah

doa khusnul khotimah
islamudina.com

Kematian itu datang bisa kapan saja, orang yang awalnya dalam keadaan sehat dan biasa-biasa saja bisa meninggal seketika. Allah merahasiakan kapan waktu kita untuk kembali, oleh karena itu, kita perlu memperbanyak bekal ibadah untuk kita kembali ke hadapan Sang Ilahi.

Orang yang meninggal dalam keadan syahid seperti meninggal dalam keadaan perang membela agama islam seperti pada zaman rasul SAW dan rasul-rasul yang mendahuluinya. Atau untuk zaman sekarang mereka yang benar-benar meninggal membela kebenaran Islam bukan berarti dengan cara bom dan lain sebagainya.

Orang yang meninggal dalam keadaan syahid insyaallah meningga dalam khusnul khaotimah. Tentu kita sering mendengar orang yang ketika sedang melaksanakan shalat lalu meninggal. Meninggal yang seperti itulah yang kita harapkan yaitu meninggal dengan membawa kebaikan.

Maka dari itu, dengan cara berdoa sebelum terjadi maka hal tersebut akan membantu kita. Kita hanya mampu berserah diri kepada Allah dan meminta belas kasihan-Nya. Semoga kita senantiasa dalam rahmatnya dan berada pada lindungan syafaat nabi Muhammad SAW.

Dengan berdo’a itulah cara satu-satunya kita untuk berkomunikasi dengan Allah. Allah Yang Maha Tahu tentang semua makhluk yang ada di alam jagat raya ini. Perilaku, tindakan dan ucapan kitalah yang akan menentukan diri kita sendiri. Jika kita menginginkan kebahagian di dunia tentu harus dibekali dengan cara bersikap baik, saling menghormati dan memperbanyak amal jariyah.

Menghindarkan diri dari segala dosa besar dan hidup rukun bersama keluarga dan lingkungan sekitar. Itulah beberapa hal terkait doa khusnul khotimah yang diharapkan sebagai bekal akhir hidup nanti.

Kebahagiaan didunia hanya sementara, akan tetapi kebahagiaan di akhirat itu kekal selamanya. Semoga kita termasuk golongan yang beruntung yang mendapatkan rahmat dan keselamatan dari Allah Aja wa zalla. Aamiin.

Dan sebelumnya kami telah menulis artikel tentang doa penutup majelis, silahkan dibaca ya. Semoga bermanfaat

  Doa Setelah Wudhu

Leave a Comment