Doa Niat Sholat Dhuha

Doa Niat Sholat Dhuha

Doa Niat Sholat Dhuha – Beribadah kepada Allah SWT merupakan salah satu hal utama dan wajib dilakukan bagi para umat muslim di seluruh dunia. Melakukan ibadah sholat menjadi ibadah pertama yang harus dilakukan seperti menjalankan sholat lima waktu dan sholat sunnah lainnya.

Salah satu sholat yang seringkali dilakukan dan memang menjadi kunci kesuksesan umat islam adalah dengan melakukan sholat dua rokaat seperti sholat dhuha.

Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan setelah wajibnya sholat lima waktu. Sholat dhuha yang memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi umat muslim yang mengerjakannya, sehingga memang banyak sekali umat muslim yang rela meluangkan waktunya untuk mengerjakan ibadah sholat dhuha.

Salah satu manfaat dari sholat dhuha seperti Allah selalu memudahkan jalan umatnya untuk mendapatkan rezeki.

Bahkan Allah juga memberikan umatnya ketabahan yang lebih dalam menjalani segala macam ujian yang diberikan-Nya. Maka, cobalah melakukan sholat dhuha dengan mulai menghafalkan doa niat sholat dhuha terlebih dahulu.

Macam Keutamaan yang Diperoleh dari Sholat Dhuha

niat sholat dhuha
bersamadakwah.net

Dengan menjalankan ibadah sholat dhuha maka akan mendapatkan keutamaan. Beberapa diantaranya dari berbagai macam keutamaan sholat dhuha antara lain seperti:

1. Sholat Dhuha Menjadi Pesan Rasulullah

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata;

“Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan shalat witir”. (Muttafaqun ‘Alaih. Al-Bukhari no. 1981. Muslim no.721).

Dan itulah mengapa sholat dhuha memiliki keutamaan yang langsung menjadi pesan dari Rasulullah. Tentunya dengan menjalankan ibadah kepada Allah hati akan menjadi lebih tenang dan damai.

2. Mendapatkan Pahala Seperti Orang yang Pergi Haji dan Umroh

Keutamaan sholat dhuha yang sebelumnya telah menjalankan sholat subuh berjamaah dan dzikir hingga waktu terbitnya matahari adalah seperti halnya mendapatkan pahala ketika orang pergi haji dan umroh.

Diriwayatkan Anas bin Malik ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

“Barang siapa melaksanakan sholat subuh berjama’ah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit Matahari, lalu ia mengerjakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh”. (HR. Tirmidzi no. 586)

3. Akan Dibangunkan Sebuah Rumah di Surga Kelak

Bagi umat-Nya yang rajin mengerjakan sholat dhuha maka akan dibangunkanlah sebuah rumah di dalam surga kelak. Hal tersebut tentunya sesuai dengan isi hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam;

“Barang siapa yang sholat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, mkaa ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga”. (Shahih al-Jami’ no. 634)

4. Akan dicukupkan Rezekinya

Keutamaan lainnya adalah seperti yang ada dalam hadits qudsi Allah akan mencukupkan rezeki hamba-hambaNya yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman;

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu”. (HR. Ahmad).

5. Termasuk Sholat Awwabin

Selanjutnya adalah diantara dari berbagai keutamaan sholat dhuha yang lainnya yaitu termasuk dalam sholat awwabin. Dimana sholat awwabin merupakan sholatnya orang-orang yang taat. Dengan rutin mengerjakan sholat dhuha menjadikan seseorang dicatat sebagai orang-orang yang taat. Abu Hurairah ra meriyawatkan hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam;

“Tidaklah seseorang menjaga sholat sunnah dhuha melainkan ia adalah awwab (orang yang kembali taat). Sholat dhuha ini adalah sholat awwabin”. (HR. Ibnu Khuzaimah).

Jadi, itulah beberapa keutamaan yang dapat Anda peroleh ketika mengerjakan sholat dhuha secara rutin. Sungguh baiknya Allah SWT yang memberikan kemudahan kepada hamba-Nya untuk mendapatkan rezeki dan kemudahan di dunia ini.

  Adab dan Doa Masuk Masjid

Apakah Hukum dari Sholat Dhuha?

Bagi Anda yang belum mengetahui apakah hukum dari sholat dhuha yang dikerjakan? Jadi, hukum sholat dhuha adalah sunnah muakkad. Yang berarti dengan hukum sunnah yang sangat dianjurkan. Pasalnya memang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri juga melakukannya dan menjadikannya sebagai salah satu wasiat.

Kapankah Waktu Terbaik Untuk Menjalankan Sholat Dhuha?

Waktu untuk menjalankan sholat dhuha dimulai sejak matahari terbit hingga condong ke barat. Dan waktu sholat dhuha terbagi menjadi dua bagian.

1. Awal Waktu Sholat Dhuha

Awal waktu sholat dhuha dimulai 20 menit setelah matahari terbit sesuai dengan keterangna hadits yang telah diriwayatkan oleh ‘Amr bin ‘Abasah.

2. Akhir Waktu Sholat Dhuha

Akhir waktu sholat dhuha dapat dilakukan 15 menit sebelum masuk waktu dholat zhuhur. Meskipun waktu terbaik mengerjakan sholat dhuha adalah diwaktu yang akhir atau seperempat siang yaitu ketika dalam keadaan yang semakin panas. Sehingga hal tersebut sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqam.

Inilah Doa Niat Sholat Dhuha

Setiap mengerjakan sholat tentunya terdapat niat yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya semua sama diniatkan karena Allah SWT. Dan di bawah ini terdapat doa niat sholat dhuha yang dapat Anda hafalkan.

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Yang dapat dibaca latin untuk niat sholat dhuha;

“Ushollii sunnatadh dhuha rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa”.

Yang artinya;

“Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala”.

Jadi, itulah beberapa keuntungan dan doa niat sholat dhuha yang dapat Anda pelajari. Mulailah berlatih untuk mengerjakan sholat sunnah dhuha dimulai dari dua rakaat setiap harinya.

Dan jangan lupa untuk membaca juga doa niat wudhu dipembahasan sebelumnya.

Leave a Comment