Doa Penutup Majelis dan Artinya

Doa Penutup Majelis – Kita hidup sebagai manusia yang bersosial, haruslah mengisi kegiatan kita dengan bermacam-macam pertemuan ataupun majelis. Ntah itu dari kegiatan bekerja, belajar, ataupun silaturahmi yang mana didalamnya terdapat kegiatan positif.

Dan dari pertemuan tersebut, hendaknya kita mulai dan juga akhiri dengan baik, khususnya untuk para muslimin  maupun muslimat.

Untuk setiap pertemuan dalam sebuah majelis, kita disunnahkan untuk memulai dan mengakhirinya dengan membaca doa. Hal tersebut dibiasakan semenjak kita kecil, saat taman kanak-kanak, doa untuk mulai belajar telah diajarkan.

Apabila sekarang sudah mulai lupa, bosa kita mengingat lagi untuk memulai dan mengakhiri setiap majelis dengan baik.

Bacaan Doa Penutup Majelis (Arab, Latin, Dan Artinya)

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Latin:

“Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu ;allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika”

Arti:

“Maha Suci Engkau, Ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampunan & bertaubat pada-Mu.”

Keutamaan Membaca Doa Penutup Majelis

Doa penutup majelis atau yang sering disebut dengan doa kafaratul majelis merupakan doa yang biasa dibaca saat sebuah kelompok yang sedang melakukan pertemuan ataupun majelis dan kemudian mereka hendak mengakhirinya.

Doa ini dianjurkan dibaca karena untuk menghindari atau khawatir terhadap para jama’ah atau orang-orang yg berkumpul melakukan sesuatu yg kurang baik.

Bila kita disini sebagai muslimin dan muslimat kemudian mengucap doa kafaratul majelis atau penutup majelis dengan baik, maka terdapat banyak sekali keutamaan yang terdapat di dalamnya, dan berikut ini adalah beberapa keutamaan yang bisa kami jelaskan :

Doa Penutup Majelis untuk Menghapus Dosa

Bisa dibilang bahwasannya  doa ini merupakan doa sebagai kafarah atau penghapus yang dapat menghapus dari apa saja yang terjadi di dalam sebuah pertemuan (majelis).

  Doa Niat Sholat Dhuha

Mungkin saja di dalamnya itu terdapat perseteruan yang kurang baik, ucapan kotor, ghibah, bohong, baik hal tersebut dilakukan dengan sadar ataupun tidak sadar.

Menguatkan Keimanan dan Diberi Kebaikan

Doa penutup majelis menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keimanan kita dan juga ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dari sebuah hadits An-Nasai, bahwa Aisyah pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. tentang kegiatan beliau.

Dari Aisyah RA ia berkata;

“Tidaklah Nabi duduk di majelis, tidak pula membaca al qur’an dan tidak pula sholat kecuali menutupnya dengan kalimat-kalimat tersebut. Aku berkata, “Wahai Rasulullah, aku melihatmu tdklah duduk di suatu majelis, tdk juga membaca Al qur’an dan juga tdk shalat kecuali engkau tutup dengan kalimat tersebut?”

Kemudian, Nabi Muhammad SAW. pun bersabda;

“Iya, siapa yang berkata baik akan ditutup dengan stempel kebaikan, dan siapa yang berkata buruk, akan menjadi penghapus dosanya. Yaitu subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika” (HR An Nasa’i).

Agar Jiwa Lebih Tenang

Di dalam Al-qur’an, tepatnya surat Ar Ra’du di dalamnya menjelaskan apabila orang-orang yg beriman mengingat Allah SWT, maka hatinya akan menjadi tenteram. Dan masih ditekankan satu kali lagi, jika dg mengingat Allah lah hati menjadi tenteram.

Di dalam penjelasan ayat tersebut, kita ditunjukkan cara membuat hati kita tenteram, yakni dengan cara mengingat Allah SWT. Nah, disini termasuk ketika kita memulai dan mengakhiri majelis. Kita memulai dg membaca basmalah sebelum memulai kegiatan.

Kemudian kita akhiri pertemuan atau majelis, dengan cara membaca doa penutup majelis. Tentu hal ini juga salah satu cara untuk mengingatkan kepada Sang Pencipta.

Itu tadi pembahasan kita mengenai doa penutup majelis dan artinya. Baca juga artikel paling baru dan menarik tentang Arti Barakallah Fii Umrik. Semoga bermanfaat ya

Leave a Comment