Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha – Islam mengajarkan agar selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT. Cara yang terbaik untuk meminta pertolongan Allah SWT adalah ketika sedang melakukan sholat dan berdoa dengan keadaan khusyuk. Di dalam ajaran Islam, seluruh umat muslim melaksanakan sholat wajib maka juga dianjurkan pula untuk mengerjakan sholat-sholat yang sifatnya sunnah.

Sholat sunnah merupakan ajaran yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada Rasulullah. Sholat sunnah yang sering diketahui dan dikerjakan yaitu terdapat dua macam yaitu sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari seperti sholat tahajud dan sholat yang dikerjakan dipagi hari seperti sholat dhuha.

Apabila umat muslim rajin dalam mengamalkan sholat sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah, maka akan menyempurnakan sholat wajib.

Penjelasan Tentang Sholat Dhuha

doa solat dhuha
steemitimages.com

Pastinya semua umat muslim telah mengetahui ketika akan mengerjakan sholat terdapat niat atau bacaan sebelum memulai sholat.

Dan dibiasakan ketika setelah sholat pasti terdapat doa-doa yang dipanjatkan memohon keridhoan Allah SWT. Seperti halnya ketika melakukan sholat dhuha juga terdapat doa setelah sholat dhuha yang biasa dibacakan.

Sholat dhuha merupakan termasuk ke dalam sholat sunnah yang berhubungan dengan waktu. Pasalnya, saat Anda mengerjakan sholat sunnah dhuha maka hanya pada waktu pagi hari saja. Meskipun sholat dhuha juga diperbolehkan dikerjakan ketika siang hari, asalkan sebelum menjelang sholat dhuhur.

Sholat dhuha dikerjakan setelah melaksanakan sholat subuh. Sholat subuh sendiri dikerjakan sebelum terbitnya matahari atau sebelum datangnya fajar.

Perbedaannya adalah sholat dhuha dikerjakan setelah fajar atau setelah terbitnya matahari hingga datangnya waktu dhuhur. Sangat mudah untuk dapat melaksanakan atau mengerjakan sholat dhuha, cukup dengan meluangkan waktu sebentar saja ketika sedang beraktivitas.

Namun, memang sebenarnya sholat dhuha ini menjadi tantangan umat muslim dalam menjalankan ibadah. Karena dilakukan di pagi hingga siang hari maka sholat dhuha ini menjadi pilihan dan memang menjadi sholat sunnah yang tidak diwajibkan namun ketika dijalankan akan mendapatkan ganjaran atau pahala dari Allah SWT.

Pada dasarnya, untuk jenis sholat dhuha yang dikategorikan sholat sunnah, namun sholat dhuha memang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Bahkan sholat sunnah tersebut dianjurkan pula untuk dikerjakan oleh umat muslim pada saat waktu dhuha.

Mengapa disebut sebagai sholat dhuha? Tentu saja masih banyak yang menanyakan hal tersebut.

Jadi, disebut sebagai sholat dhuha karena sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu dhuha ketika pada saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta mulai dari terbitnya matahari sekitar pukul 07.00 sampai dengan waktu sholat dhuhur sekitar pukul 12.00.

Apabila Anda akan mengerjakan dua rakaat sholat dhuha percayalah semua urusan duniawi akan dilancarkan oleh Allah SWT.

Sebaiknya Berapa Rakaat dalam Sholat Dhuha?

Jadi, Rasulullah bersabda tentang jumlah sholat dhuha yang dilakukan umatnya yaitu “Barang siapa yang melakukan sholat dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga”. ((H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

  Adab dan Doa Masuk Masjid

Tentunya sudah jelas dari penjelasan hadits di atas yang menyatakan bahwa jumlah rakaat sholat dhuha sebanyak 12 rakaat. Akan tetapi, 12 rakaat tersebut merupakan bilangan maksimal dari rakaat sholat dhuha yang dapat dikerjakan. Minimal ketika melakukan sholat dhuha yaitu 2 rakaat.

Apabila akan mengerjakan 12 rakaat dalam pengerjaannya dapat dikerjakan dengan setiap 2 rakaat yang diakhiri dengan salam.

Atau juga bisa dengan melakukan langsung 4 rakaat dengan adanya tasyahud awal pada rakaat kedua serta tasyahud akhir pada rakaat keempat dan diakhiri dengan salam. Jadi, pada prinsipnya jumlah untuk melakukan sholat dhuha minimal dikerjakan 2 rakaat dan maksimal dikerjakan 12 rakaat.

Inilah Doa Setelah Sholat Dhuha

Ketika Anda telah melaksanakan sholat dhuha, tentunya Anda akan memulai memanjatkan berbagai macam doa. Namun, terdapat doa yang seringkali digunakan dan dibacakan ketika melaksanakan sholat dhuha. Di bawah ini terdapat doa setelah sholat dhuha yang dapat dihafalkan.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ

حَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Atau Anda juga bisa membaca doa setelah sholat dhuha dengan bacaan latinnya yaitu;

“Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.”

“Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.”

Yang artinya;

“Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”

“Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”.

Manfaat Menjalankan Sholat Dhuha

Allah SWT akan menjamin para umat-Nya yang menjalankan perintahnya yang sesuai dengan ajaran-Nya dengan mendatangkan rezeki yang berlimpah.

Seperti halnya manfaat yang diperoleh dari sholat dhuha yang seringkali dirasakan umat muslim yang mengerjakannya adalah dapat memudahkan rezekinya. Karena memang untuk diutamakan membaca surat-surat dalam sholatnya yang dapat mendatangkan rezeki.

Dan jangan lewatkan juga mengenai Doa Setelah Wudhu.

 

Leave a Comment