Doa Setelah Sholat Fardhu yang Dianjurkan untuk Dibaca Setiap Hari

Doa Setelah Sholat Fardhu – Sholat adalah kewajiban bagi setiap umat muslim yang harus dilaksanakan 5 kali sehari sesuai ketentuan waktunya masing-masing. Menjalankan sholat adalah sebuah bentuk ketaatan seorang muslim kepada Tuhannya yaitu Allah SWT.

Selama sholat ada berbagai macam bacaan yang wajib untuk dibaca pada tiap-tiap gerakannya. Setelah selesai melaksanakan sholat sebaiknya seorang muslim yang baik tidak lantas bangun dari duduknya dan langsung melanjutkan aktivitas, melainkan terlebuh dahulu berdoa.

Berdoa selepas sholat fardhu ini adalah amalan yang sangat baik dilakukan untuk memohon berbagai hal dan mengadu kepada Sang Khalik.

Pada dasarnya tidak ada kewajiban untuk membaca doa setelah sholat fardhu, akan tetap menjalankannya akan jauh lebih baik dibandingkan tidak sama sekali. Doa yang dipanjatkan sesuai sholat fardhu ini bebas sesuai dengan keinginan dan kepentingan masing-masing.

Hal ini karena doa setelah sholat fardhu berbeda dari doa setelah sholat sunnah lainnya yang memiliki tujuan spesifik seperti sholat istikharah, dhuha atau tahajud misalnya.

Apabila Anda rutin berdoa selepas sholat fardhu maka bayangkan Anda bisa berkomunikasi dengan Sang Pencipta sebanyak 5 kali sehari untuk memohon banyak hal.

Semakin banyak manusia meminta kepada Tuhannya maka akan semakin besar pula kesempatannya untuk dapat dikabulkan. Jika Anda masih bingung doa apa saja yang sebaiknya dibaca setelah selesai sholat wajib maka simak rangkumannya kali ini.

Ada beberapa kumpulan doa setelah sholat fardhu yang lazim dibaca. Kumpulan ini terdiri atas beberapa doa yang berbeda. Sebaiknya bacalah doa yang ada tuntunannya dari Nabi besar Muhammad SAW sehingga amalannya memang sesuai dengan sunnah Nabi.

Doa Setelah Sholat Fardhu yang Dibaca Setiap Selesai Beribadah

Setelah selesai sholat fardhu mulailah membaca doa dengan mangucap lafal “hamdalah” kemudian dilanjutkan dengan membaca sholawat Nabi.

Shalawat Nabi serta ucapan “Hamdalah” ini juga nantinya dapat dibaca kembali sebagai penutup doa. Doa yang diucapkan setelah sholat wajib ini hendaknya dipilih yang bersifat umum serta memiliki makna dan tujuan sebagai berikut:

#Doa untuk kebaikan diri

Doa untuk kebaikan diri sendiri ini sangat luas maknanya dan tentunya bertujuan untuk membuat diri Anda menjadi pribadi yang terus-menerus lebih baik dari sebelumnya.

Doa ini bisa berisikan permohonan untuk diberikan kesehatan, keselamatan dan kelapangan rezeki. Ada pula doa yang dipanjatkan untuk meminta perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

#Doa dihindarkan dari siksa hari kiamat dan alam kubur

Setiap umat muslim tentu tidak ingin mengalami kejamnya hari kiamat dan siksa di alam kubur dan akhirat kelak. Mintalah kepada Allah untuk melindungi Anda dari panasnya api neraka dan siksa kubur yang pedih.

Mintalah permohonan ampun atas dosa-dosa dan kesalahan yang telah diperbuat selama hidup baik disengaja maupun tidak.

#Doa untuk kedua orang tua dan keluarga

Kedua orang tua tidak boleh dilupakan ketika memanjatkan doa baik keduanya masih hidup atau sudah tiada. Bagi orang tua yang masih hidup mintalah agar mereka dilimpahi dengan kesehatan, kebahagiaan dan kelapangan rezeki.

Sementara untuk orang tua yang sudah meninggalmintalah kuburnya dilapangkan dan dihindarkan dari siksa kubur.

  Niat Sholat Subuh

#Doa meminta kematian yang husnul khatimah

Tidak hanya doa-doa yang dipanjatkan untuk kehidupan yang sedang dijalani, mintalah pula untuk bisa meninggal dalam keadaan yang baik alias husnul khatimah. Tidak ada hal lain yang lebih baik dari kematian seorang muslim yang husnul khatimah.

#Doa untuk memperkuat iman dan islam

Mintalah kepada Allah untuk meneguhkan iman adan islam Anda supaya tetap bisa berjalan di jalan yang benar dan lurus. Mintalah untuk dapat istiqomah menjadi hamba yang baik dan menjauhi apapun yang dilarang oleh agama.

#Doa khusus lainnya

Selain doa-doa secara umum Anda pun bisa memanjatkan doa khusus lain sesuai kebutuhan dan kondisi. Misalnya yang belum mendapatkan jodoh bisa menyisipkan doa untuk meminta agar dipertemukan dengan jodoh yang baik.

Contoh lain adalah ketika ada pasangan yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai keturunan. Doa meminta keturunan yang baik bisa selalu disisipkan di setiap doa setelah sholat fardhu 5 waktu setiap harinya.

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu

Agar lebih memudahkan dalam menghafalkan dan mengamalkannya setiap hari berikut ini lafal doa setelah sholat fardhu dalam ejaan latin yang mudah dibaca:

Bismillaahirohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aali sayyidina Muhammad.

  1. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi_aat. Wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad_darojaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat.
  2. Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid_diin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.
  3. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan najaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.
  4. Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.
  5. Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.
  6. Robbanaa aatinaa fid dun yaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaabannaar.

Washollallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Adab Doa Setelah Sholat Fardhu

Membaca doa setelah sholat fardhu ini sebaiknya dilakukan dengan adab yang benar karena doa yang benar tapi disampaikan dengan cara yang kurang tepat juga dapat mengurangi kekhusyuannya. Adapun adab dalam menyampaikan doa selepas sholat fardhu ini diantaranya:

#Dilafalkan dengan suara yang pelan dan lirih

Memanjatkan doa tidak perlu diucapkan dengan keras hingga seluruh orang di ruangan bisa mendengar Anda. Lafalkan doa dengan lirih dan pelan hingga hanya Anda yang bisa mendengarnya. Tak perlu khawatir karena selirih apapun pengucapannya setiap doa Anda akan tetap sampai dan didengar oleh Allah SWT.

#Diucapkan sambil menghadap kiblat dan mengangkat tangan

Sikap yang baik untuk berdoa adalah dengan menghadap ke arah kiblat dan dengan mengangkat kedua tangan. Mengangkat tangan ini dilakukan dengan menyejajarkan kedua telapak tangan dan mengangkatnya setinggi wajah.

Tidak perlu menengadah ke atas sembari berdoa. Anda bisa berdoa sambil menunduk atau bahkan memejamkan mata untuk mendapatkan suasana yang lebih khusyuk.

Allah akan mengabulkan doa-doa hambaNya yang disampaikan dengan bersungguh-sungguh. Di dalam segala urusan duniawi selalu libatkan Allah dengan selalu memanjatkan doa disamping melakukan ikhtiar nyata dalam bentuk tindakan.

Memohon dan meminta kepada Allah adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan dan jangan sekali-kali meminta dan memohon kepada yang lain selain Allah karena merupakan tindakan syirik.

Leave a Comment