Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal

Pada kali ini kita akan membahas mengenai doa terhindar dari fitnah dajjal lengkap beserta latin dan artinya yang sangat amat perlu untuk disimak bersama. Mengapa hal ini begitu penting? Karena dajjal menjadi ujian yang sangat besar yang perlu diwaspadai sejak diciptakannya Nabi Adam As. sampai hari kiamat nanti.

Dan jauh sebelum Nabi Muhammad Saw. Nabi serta Rasul sebelumnya juga sudah mengingatkan bahayanya Dajjal. Tak ada makhluk lainnya di bumi ini yang melebihinya dalam membuat fitnah.
Dalam sholat, setiap kita sebelum melakukan salam dianjurkan untuk membaca doa perlindungan dajjal.

Tepatnya yakni setelah tasyahud dan membaca shalawat Nabi Muhammad Saw. Tak hanya untuk tahiyat akhir shalat wajib lima waktu saja lho. Tapi pada shalat sunnah lainnya seperti halny sholat tahajud, shalat dhuha, shalat witir, dan shalat-shalat sunnah lainnya perlu membacanya.

Dan disini yang dimaksud dengan fitnah dajjal yakni sebuah ataupun beberapa keadaan atau bisa disebut juga dengan situasi tertentu ataupin aneka bentuk fitnah yang menyelisihi suatu kebenaran.

Akan ada masa dimana banyak orang yang terjerumus kemudian menjadi pengikut dajjal. Memang berat godaannya. Apalagi bagi kita yang imannya tipisss. Fitnahnya dajjal itu begitu menipu, mempesona dan memukau.

Dia datang kepada manusia dgn membawa surga dan neraka. Akan tetapi sebetulnya surga yang dibawanya itu adalah neraka dan sebaliknya, nerakanya itulah adalah surga.

Dajjal juga akan datang dengan sungai yang penuh air dan juga gunung roti. Dajjal akan mendatangi sebuah daerah yang bertujuan untuk mengajak penduduk di daerah tersebut untuk mengikutinya.

Penduduk tersebut jika mau mengikuti dajjal maka selanjutnya tanah yang ada disitu akan menjadi subur, tanaman pun akan tumbuh bermacam-macam, kemakmuran akan didapatkan.

Sebaliknya, apabila dajjal mendatangi kepada penduduk suatu kaum dan kemudian mengajaknya untuk mengikutinya akan tetapi mereka menolak maka yang terjadi adalah kemlaratan dan kesengsaraan.

Dajjal dapat memerintahkan langit untuk menurunkan hujan. Dia juga dapat mengeluarkan harta dari bumi. Untuk siapa saja yang menemuinya sebaiknya segera menjauh darinya. Dan berikut ini merupakan doa agar terhindar dari dajjal berdasarkan hadist riwayat muslim.

  Doa Niat Wudhu

Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal

perlindungan fitnah dajjal

Latinnya :

ALLAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MIN ‘ADZAABI JAHANNAMA, WA MIN ADZAABIL QABRI, WA MIN FITNATIL MAHYA WAL MAMAATI, WA MIN SYARRI FITNATIL MASIIHID DAJJAAL.

Artinya :

” Ya Allah aku berlindung kepada Engkau dari azab Jahannam, siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari keburukan fitnah Al-Masih Dajjal.”

Doa Lainnya yang Bisa Dibaca

doa terhindar dari fitnah dajjal

Latinnya :

ALLAAHUMMA INNI A’UUDZUBIKA MIN ‘ADZAABIL QABRI WA MIN ‘ADZAABI JAHANNAMA WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAATI, WA MIN SYARRI FITNATIL MASIIHID DAJJAAL.

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Al masih Dajjal”

Isi pokok atau kandungan yang terdapat dari doa tersebut yakni pentingnya berlindung dari 4 perkara :

  1. Berlindung dari adanya azab neraka jahanam.
  2. Berlindung dari adanya azab kubur.
  3. Berlindung dari adanya fitnah kehidupan dan juga kematian.
  4. Berlindung dari adanya kejahatan fitnah dajjal.

Disini yang dimaksud dgn azab neraka jahanam yaitu siksaan dari neraka jahanam yang sangat dahsyat pedihnya. Kemudian maksud berlindung dari azab kubur adalah agar supaya kita selamat dari siksa kubur.

Karena seorang yang meninggal sebelum datangnya hari kiamat nanti akan berada di alam kubur atau yang disebut juga dengan barzakh. Disana ada yang mendapatkan nikmat kubur, tetapi sebaliknya ada juga orang-orang yang menerima siksa kubur.

Dan yang selanjutnya maksud dari fitnah kehidupan adalah cobaan saat menjalani hidup di alam fana, godaan dunia, syahwat, dan juga kebodohan yang ada di dunia ini.

Selanjutnya, fitnah kematian ini diartikan sebagai ujian setelah kematian atau pertanyaan pada saat di alam kubur nanti.

Kemunculan dajjal merupakan bagian dari tanda besar terjadinya hari kiamat. Disini seharusnya kita merutinkan bacaan doa terhindar dari fitnah dajjal. Bahkan hal ini wajib kita untuk memohon perlindungan kepada Allah Swt.

Baca juga artikel kami sebelumnya yang membahas doa keluar rumah dan keutamaannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment