Doa Ulang Tahun Anak dalam Islam

Doa Ulang Tahun Anak dalam Islam – Ulang tahun merupakan salah satu hal yang paling disukai oleh anak-anak. Ini adalah momen dimana biasanya orang tua mengadakan syukuran dengan mengundang teman-teman di sekitar rumah guna merayakan hari ulang tahun buah hatinya.

Tak lupa pula doa dan harapan pun dipanjatkan agar sang anak kelak tumbuh menjadi sosok yang diinginkan oleh orang tuanya. Dalam Islam sendiri, ulang tahun anak hendaknya disertai dengan doa yang sesuai syariat.

Tujuan Doa Ulang Tahun dalam Islam

Dalam memberikan atau mengucapkan do’a ulang tahun, harus memiliki tujuan yang baik. Tujuan itu diharapkan menjadi intropeksi diri pada masa yang lalu dan menjalankan segala perintah Allah untuk hal yang lebih baik di tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.

Semakin dewasa seseorang, maka pola pikirnya akan berbeda ketika masih anak-anak.

Manusia memang tempatnya salah dan lupa. Itu berarti bukan hal maklum untuk melakukan hal yang sama, akan tetapi justru lebih berhati-hati untuk bertindak maupun berkata. Tujuan dari doa ulang tahun dalam islam yang disertai perayaan pada dasarnya semua tergantung pada niat seseorang.

Pada saat memberikan ucapan, sering kali Kita mendengar kalimat “Barakallah Fii Umrik”. Yang artinya, “Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan di Umurmu”. Selain itu, ada juga salah satu do’a ulang tahun dalam Islam yang bisa kita gunakan:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتوَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْت

Latin:

Allahumma Inna Nas-Aluka, Salamatan Fid Dini, Wa’afiyaatan Fil Jazadi, Wa Ziyaadatan Fil ‘Ilmi, , Wa Barakatan Fir Rizqi, Wa Taubatan Qoblal Mauti, Wa Rahmatan ‘Indal Mauti, Wa Maghfiratan Ba’dal Maut.”

Arti:

Ya Allah, kami memohon kepadaMu, keselamatan dalam agama, dan kesejahteraanpada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati.

Dari do’a tersebut memiliki makna yaitu memohon kepada Allah untuk tetap menjaga jiwa dan raga Kita agar tetap berpegang teguh pada Agama Allah. Memperoleh keberkahan dan kesehatan serta taubat sebelum kembali kehadapan-Nya. Dan terus mengarahkan pada hidup yang bermanfaat.

Memperoleh waktu untuk terus mendapatkan tambahan ‘ilmu yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Di samping itu juga meminta untuk selalu ditambah rizki yang halal dan dapat berbagi dengan yang membutuhkan.

Manfaat Do’a Ulang tahun dalam Islam

doa ulang tahun
nasikentjana.com

Ulang tahun menurut sebagian orang adalah hal yang sangat menggembirakan. Banyak orang yang memberikan ucapan sebagai do’a maupun memberikan hadiah sebagai tanda bertambahnya umur.

Merayakan ulang tahun menurut beberapa orang dianggap perlu dan harus dilaksanakan setiap tahunnya.

Berbeda dengan Islam. Islam sebagai Agama yang Rahmatan Lil ‘Alamiin ini menganggap jika ualang tahun bukan sebagai bertambahnya umur manusia. Akan tetapi sebaliknya yaitu semakin berkurangnya umur manusia.

Karena pada dasarnya umur kita di dunia memang bertambah, akan tetapi semakin dekat atau berkurangnya umur kita untuk menuju ke Akhirat kelak.

Bagaimana dengan hukum merayakan ulang tahun? Perayaan ulang tahun bukanlah tradisi dalam islam, akan tetapi sebagai bentuk syukur atas umur yang panjang yang diberikan oleh Allah SWT.

Perayaan ulang tahun dalam Islam dihukumi sebagai Mubah, selagi manfaat yang didapat untuk kebaikan diri yang ulang tahun.

Mubah disini artinya yaitu boleh, jika dilakukan tidak berdosa dan jika tidak dilakukan jauh lebih baik asal tidak berlebihan, tidak merugikan diri yang berulang tahun maupun pihak lainnya serta tidak menyimpang dari aturan Islam dan norma dalam masyarakat.

  Doa Setelah Sholat Dhuha

Biasanya, sebagai bentuk dari perayaan tanggal lahir, oleh masyarakat islam disebut Yaumul Milad. Dengan cara mengadakan syukuran dalam bentuk do’a ulang tahun dan pembagian sembakau gratis.

Hal itu jauh lebih baik sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesejahteraan dan kenikmatan.

Keunggulan Do’a Ulang Tahun

doa ulang tahun islam
shopee.co.id

Do’a yang baik menjadi awal yang baik untuk terus mendapatkan perlindungan dari Allah Swt. Allah yang berhak dan berkuasa atas hidup dan mati seseorang. Pada dasarnya hidup di dunia hanyalah sementara, kehidupan yang sebenarnya ada di alam akhirat.

Do’a tersebut dimaksudkan sebagai bentuk syukur atas umur panjang dan keberkahan serta kenikmatan yang diperoleh dari-Nya.

Baik atas nikmat hidup, nikmat sehat, nikmat rizqi, nikmat ‘ilmu dan nikmat-nikmat lain yang wajib di syukuri. Manfaat lain yang di dapat dari do’a ulang tahun dalam Islam adalah semakin mengingatkan kepada Kita, bahwa tidak semua orang dapat hidup selama hidup Kita.

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ

Arti:

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. .” (Q.S. Ali Imran: 185)

Sikap dalam Menghadapi Hari Ulang tahun dalam Islam

Selain berdo’a, ada beberapa halyang perlu diketahui, agar Kita tidak salah langkah dalam menyikapi hari ulang tahun. Sikap tersebut ditunjukan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain. Sikap-sikap yang dimaksud dalam islam ialah seperti tidak membuat pesta, memperbanyak sedekah, mengingat bahwa itu bukan tradisi Islam.

Tidak hanya itu, kita juga harus bersikap muhasabah, meningkatkan keimanan dan mengingat kematian, memperbanyak dzikir, berkumpul bersama keluarga, memperbanyak prestasi dan lain sebagainya.

Hal itu ditunjukan agar kita hidup senantiasa mengingat kita sebagai makhluk Tuhan yang tidak mempunyai kuasa apapun. Hanya do’alah tempat kita berserah dan berharap setelah berusaha secara maksimal.

Bersikap musabahah itu artinya adalah mengintropeksi diri atas kesalahan yang diperbuat di masa lalu agar tidak dilakukan kembali di masa ini dan kedepannya. Memohon ampun atas dosa yang dilakukan pada masa lalunya, agar Allah senantiasa memberikan Rahmat-Nya kepada kita.

Menyadri bahwa Islam tidak mengenal pesta. Doa ulang tahun dalam Islam tidak mengharapkan diberi kado yang banyak dari keluarga, sahabat atau saudara akan tetapi harapan agar tetap diberi kado kebaikan dan keselamatan oleh Allah SWT. Sikap yang lain yangharus ditunjukan adalah memberikan prestasi terbaik.

Prestasi tidak hanya diperoleh dalam bentuk hasil perlombaan, akan tetapi menunjukan sikap yang lebih baik. Lebih baik di hadapan Allah, orang tua, sahabat dan keluarga lain dengan tetap menjaga nama baik, tidak berbuat nakal dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam ulang tahun menurut islam, sebagai bentuk rasa syukur dan sebuah harapan besar untuk hal yang lebih baik.

Doa ulang tahun anak dalam Islam hanya semata-mata meminta belas kasihan Allah untuk senantiasa menurunkan rahmat kepada hambanya yang penuh dosa dan kesalahan.

 

Leave a Comment