Doa Untuk Anak yang Baru Lahir

Doa Anak Baru Lahir – Kita lahir di dunia sebagai titipan Allah yang sangat istimewa untuk sepasang suami-istri yang sah. Anak merupakan salah satu tujuan seseorang menikah untuk terciptanya keluarga bahagia. Hadirnya seorang anak dalam keluarga tentu sangat dinanti-nantikan oleh setiap pasangan.

Anak merupakan rizki yang diberikan oleh Allah sehingga sudah sepantasnya jika kita merawat dan menjaganya sebaik mungkin.

Tentu kita sering mendengar jika seorang anak lahir maka dia akan menangis, entah menangis karena kaget dengan keadaan dunia atau yang lainnya.

Akan tetapi, hal itu wajardan semestinya, justru jika anak tidak menangis maka akan sangat berbahaya. Setiap orang tua tentu menginginkan anak yang sempurna baik fisik maupun psikisnya.

Dalam islam, anak ketika baru lahir di dunia ini harus dibacakan adzan di telinga sebelah kanan dan iqomah di telinga sebelah kiri.

Hal itu bertujuan untuk hal awal semoga menjadi kebiasan dan sebagai tanda syukur mengangungkan Allah SWT yang telah menghadirkan kebahagiaan yang tidak ternilai.

Tidak hanya itu, dalam Islam anak baru lahir juga harus didoakan. Tentu saja orang tua merupakan sosok yang paling utama untuk mendoakan anak mereka yang baru lahir.

Orang tua atau keluarga si anak, biasanya mengadakan syukuran sekaligus melaksanakan tradisi pemotongan rambut. Tidak hanya dijadikan sebagai sebuah tradisi, akan tetapi bertujuan yang baik.

Dalam acara syukuran tersebut mengundang beberapa orang yang dimaksudkan untuk mendoakan si anak. Mereka berasumsi, bahwa dengan syukuran anak akan terhindar dari “Bala” atau bahaya,

Tujuan Mendoakan Anak Baru Lahir

mendoakan anak lahir
quranoitrat.com

Ada beberapa tujuan mendoakan anak yang baru lahir diantaranya yakni memohon untuk anak agar senantiasa diberi keberkahan oleh Allah Yang Maha Kuasa. Orang tua mana yang tidak menginginkan anak yang shalih atau shalihah sebagai bagian dari keluarganya?

Tujuan orang tua mendoakan anak yang baru lahir juga merupakan ungkapan rasa syukur terhadap kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT.

Selain itu, pembacaan doa juga di maksudkan agar anak nantinya dapat tumbuh menjadi anak yang shalih-shalihah, tidak tergoda dengan syaitan dan terhindar dari marabahaya.

Orang tua akan melakukan segala hal untuk kebahagiaan anak. Akan tetapi cara yang harus dilaksakan adalah cara yang halal dan tidak bertentangan dengan syariat.

Setiap orang tua, tentu menginginkan anaknya untuk tumbuh menjadi pribadi yang disegani di masyarakat. Anak yang taat kepada agama, rajin ibadah dan berbakti kepada orang tua. Do’a tersebut tidak hanya ditunjukan untuk si anak akan tetapi juga pada ibu yang melahirkannya.

Dengan harapan anak datang dengan berlimpah rahmat yang dapat menjunjung tinggi martabat keluarga, sebagai insan yang berbudi luhur.

Dengan do’a kita mencurahkan segala harapan untuk selanjutnya semua tergantung pada Izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena apa yang kita rencanakan belum tentu sesuai dengan rencana Allah.

Keistimewaan Doa Anak Baru Lahir

anak baru lahir
pinimg.com

Dengan dibacakannya do’a anak setelah lahir yang diharapkan oleh orang tua adalah si anak menjadi lebih tenang, lebih akrab dengan lingkungan sekitar dan terhindar dari segala bujuk rayu syaitan.

Kelak menjadi pribadi yang taat ibadah kepada Allah, memiliki banyak prestasi yang membanggakan untuk dirinya beserta keluarganya.

Tidak hanya itu harapan orang tua adalah anak selalui mengingat kedua orang tua dalam setiap langkah yang dia tempuh. Serta peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.

Allah menurunkan seorang anak yang memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Oleh kerena itu, segala faktor penghambat bukanlah kendala untuk memberikan kasih sayang.

  Doa Penutup Majelis dan Artinya

Ada beberapa do’a yang bisa dibacakan baik perorangan maupun banyak orang diantaranya:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Latin:

Rabbanaj’alnii Muqimashalaati Wa Mindurriyyatii Rabbanaa Wa Taqabbal du’aa.

Arti:

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.”

Maksud dari do’a tersebut yaitu, keluarga atau orang tua mengharapkan anaknya untuk taat beribadah hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa. Do’a selanjutnya yang bisa dibacakan untuk anak yang baru lahir yaitu:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

Latin:

Allahumma Aktsir Maalahuu Wa waladahu, Wa Baariklahu Fiimaa a’taytahuu

Arti:

Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.

Dalam doa ini, diharapkan tercukupinya kebutuhan anak baik harta maupun apa yang diinginkannya, termasuk prestasi. Dengan cara yang halal dan tidak menyeleweng dari aturan yang ditetapkan agama.

Dengan mendoakan anak sama halnya dengan mendidik anak untuk menjadi orang yang memiliki masa depan dan berjuang untuk hal yang ingin diraihnya.

Perlu diingat bahwa keluarga adalah wadah pendidikan bagi anak. Disamping itu, dengan dibacakannya do’a ini diharapkan mereka dapat tumbuh menjadi orang yang berguna baik ubtuk agama, nusa dan bangsa.

Anak lahir dari cinta kasih kedua orang tua. Akan tetapi sangat miris kasus yang beredar di lingkungan kita saat ini.

Mulai banyak anak yang ketika lahir dari hubungan suami istri yang tidak jelas. Tidak hanya itu, adapula anak yang lahir dan langsung di buang oleh ibunya.

Padahal perlu diketahui, anak dalah anugerah yang terindah yang Allah turunkan dibanding dengan apapun.

Terlebih sekarang, banyak penjualan anak bayi yang baru lahir. Kasus-kasus seperti itu sangat banyak beredar di lingkungan kita saat ini. Betapa mengiris hati terlebih oleh sosok seorang ibu.

Do’a orang tua kepada anak dengan cara yang khusu’ dan ikhlas nantinya akan diijabah oleh Alla SWT. Karena apa yang didoakan oleh orangtua tentu punya maksud yang baik dan harapan yang baik pula nantinya. Tidak ada orang tua yang tidak menyayangi anaknya, kecuali rasa sayangnya telah mati.

Dari sebuah hadis riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhuber pernah berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, telah bersabda, yang artinya;

Jika anak Adam meninggal maka amalnya terputus, kecuali dari tiga perkara: Sedekah jariah, Ilmu yang bermanfaat, dan Anak sholeh yang berdoa kepadanya,” (HR. Muslim)

Tidak hanya itu, imam Abu Daud juga berkata dalam salah satu hadis yang diriwayatkannya yaitu, Tiga doa mustajab atau yang akan dikabulkan oleh Allah dan tidak tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizalimi.

Oleh karena itu, pembacaan do’a bagi anak sangat berharap kelak anak menjadi diri sendiri dengan arah yang jelas. Oleh karena itu, pentingnya doa ketika anak baru lahir dengan berbagai harapan yang terbaik untuk Anak. Orang tua dengan berbagai cara berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Jika besar nanti anak memiliki sikap yang tidak diinginkan oleh semua orang, bukan berarti karena orang tua yang salah mendidik. Akan tetapi ada faktor lain seperti lingkungan dimana dia tinggal, lingkungan sekolah, teman sepermainan, teman sekolah,teman kerja, atau lingkungan kerja.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca disini, baca juga artikel mengenai Doa Agar Meninggal Khusnul Khotimah. Semoga bermanfaat

Leave a Comment