Doa Untuk Orang Tua

Doa Untuk Orang TuaAnak merupakan anugerah yang Allah berikan kepada sepasang laki-laki dan perempuan, yang telah sah menjadi suami-Istri, untuk senantiasa dirawat, dijaga dengan penuh kasih sayang.

Ibu adalah orang yang paling mulia yang telah melahirkan, membesarkan, merawat dan memberikan yang terbaik untuk kita.

Mulai dari kebutuhan makan, orang tua bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan kita agar tidak merasakan kelaparan.

Walaupun tidak semua orang tua dapat mencukupi kebutuhan secara mudah. Bahkan mereka rela menahan lapar, yang terpenting adalah anaknya bisa makan.

Kebutuhan lain turut mengikuti, seperti kebutuhan sandang dan papan. Mereka ingin anaknya tidak merasa dingin dan panas serta mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Segala upaya dilalui demi anaknya, tanpa ada rasa lelah dan mengeluh. Mereka percaya bahwa anak membawa rizkinya masing-masing.

Orang tua merupakan tempat belajar pertama kita. Dimana kita lahir bagaikan kertas putih dan yang pertama kali menggoreskan tinta, dalam memori kehidupan kita adalah orang tua.

Kita diberikan kasih sayang baik dalam bentuk materil maupun non materil oleh mereka. Orang tua adalah pahlawan, malaikat yang rela berkorban apapun demi anaknya.

Seiring bertambahnya usia anak, maka kewajiban orang tua adalah memebrikan pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal seperti pendidikan agama. Demi mencapai masa depan yang baik, orang tua rela mengeluarkan banyak uang untuk biaya pendidikan anak.

Orang tua tidak meminta pengorbanannya dibalas oleh anaknya. Akan tetapi mereka menginginkan anaknya untuk selalu taat pada Tuhan Yang Maha Esa, menjadi anak yang shalih, sukses, berjuang untuk hidup, tegar dalam setiap cobaan, bahagia dunia dan akhirat dan menggapai cita-citanya. Serta menjadi anak yang berguna baik untuk agama, nusa dan bangsa.

Manfaat Doa Untuk Orang Tua

keutamaan doa orang tua
beritagar.id

Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua. Kesuksesan yang kita raih itupun karena dorongan semangat dan doa orang tua untuk kita. Setiap langkah yang kita lalui ada do’a orang tua yang mengiringi. Maka oleh karenanya, kita harus menghormati dan berbakti kepada orang tua.

Allah SWT berfirman dalam qur’an suratAn-Nisa ayat 36 yang menerangkan tentang keharusan kita berbakti kepada orang tau.

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa … ” [an-Nisâ`/4:36].

 Yang terpenting adalah menjadi lebih baik dari kedua orang tuanya. Baik ayah atau ibu, bekerja keras untuk kehidupan kita. Pengorbanan dan perjuangannya tidak terhingga, maka dari itu satu hal yang bisa dan wajib kita lakukan untuk mereka adalah senantiasa untuk selalu mendo’akannya.

Do’a anak yang shalih yang mendoakan kedua orangtuanya adalah bekal amal jariyah orang tua kita. Maka oleh karena itu, perlu pembelajaran do’a kepada orang tua mulai dari kecil.

Dengan tujuan, agar do’a itu terus melekat pada diri anak. Do’a termasuk suatu ibadah. Maka dari itu, pengajaran do’a dari kecil salah satu bentuk ibadah yang paling mudah.

Setiap ucapan atau do’a orang tua itu mustajab dan di ijabah oleh Allah Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali kita membuat marah orang tua, sehingga mereka mengatakan hal yang sebenarnya tidak ingin diucapkan.

Maka oleh sebab itu janganlah membuat orang tua menangis akan perbuatan buruk yang kita lakukan, apalagi sampai berkata dan berbuat kasar kepada orang tua kita.

Selama hidup, orang tua tidak mengharapkan apapun selain kesuksesan anaknya di dunia dan di akherat kelak. Akan tetapi, kita sebagai anak wajib untuk mendo’akan kedua orang tua.

  Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal

Sebagai bentuk rasa syukur kita telah hadir di tengah keluarga kecil yang bahagia. Do’a itu ditunjukan agar Allah SWT senantiasa memberikan rahmat kepada orang tua kita.

Baik rahmat sehat, panjang umur, nikmat rizki, dan nikmat-nikmat lainnya. Bahkan ketika orang tua dalam keadaan sakit, kita harus merawatnya, membawanya untuk berobat dan yang terpenting jangan membuat orang tua merasa diterlantarkan.

Setelah kita memberikan yang terbaik kepada orang tua, selanjutnya hanya dengan berdoalah, agar Allah memberikan pertolongan dan kesembuhan kepadanya.

Do’a untuk orang tua lengkap latin dan artinya. Ketika dalam keadaan sakit parah yaitu sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Latin:

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.

Arti:

“Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

Do’a tersebut menunjukan betapa sayangnya kita kepada mereka. Ketika orang tua sakit maka kita akan merasakan hal yang sama, tidak tega melihat mereka kesakitan.

Maka dengan berdo’a, berharap jika Allah akan memberikan kesembuhan maka segerakanlah, dan jika kembali lebih baik maka cepatkanlah.

Do’a utama ketika selesai melaksanakan shalat adalah do’a untuk orang tua, dengan ikhlas dan penuh harapan. Berikut do’a orang tua ketika masih diberi kesempatan untuk merawat dan membimbing kita di dunia.

للَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا

Latin:

Allahummaghfirlii,  Wa Liwaalidayya, War Hamhumma, Kamaa Robbayaanii Shagiiroo.

Arti:

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika masih kecil.

Makna dari doa tersebut adalah memohon ampunan kepada Allah atas segala kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Dan mendoakan kedua orang tua dengan memohonkan ampun kepada Allah atas kesalahan dan dosa yang mungkin telah diperbuat oleh orang tua.

Selain itu, sebuah harapan semoga Allah SWT, senantiasa memberikan kasih sayang dan rahmat kepada mereka, sebagaimana mereka telah memberikan kasih sayang dan segalanya untuk kita.

Tidak hanya itu, Allah lebih sayang kepada mereka atau sudah meninggal dunia, kita tetap wajib untuk mendoakannya. Karena do’a dari kita sangat membantunya di alam sana.

Keutamaan Do’a Orang Tua

Doa untuk kedua orang tua memiliki beberapa keutamaan diantaranya adalah sebagai amalan yang paling utama setelah melaksanakan ibadah shalat, jalan menuju syurga karena ridha Allah ada pada ridha orang tua.

Di samping itu juga doa anak untuk orang tua memberikan dorongan positif bagi setiap langkah kita, seperti mempermudah rezeki, mempermudah segala rintangan dan cobaan, terhindar dari mara bahaya.

Itulah beberapa penjelasan tentang doa untuk orang tua yang wajib kita ketahui. Sesungguhnya tidak ada orang tua yang tidak sayang terhadap anaknya.

Apalagi jika mengingat perjuangan mereka merawat kita sejak kita lahir hingga saat ini, orang tua telah berkorban banyak hal demi kebaikan dan masa depan kita.

Sebagai anak, mendoakan orang tua setiap sehabis sholat merupakan satu cara yang bisa kita lakukan agar Allah memberikan syafaat dan barokah kepada kedua orang tua. Baca juga doa untuk anak yang baru lahir. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Comment