Sholawat Nahdliyah dan Sejarahnya

Sholawat Nahdliyah – Agama Islam memberikan begitu banyak peluang ibadah di dalam setiap hal yang para umatnya sendiri lakukan. Baik melaksanakan ibadah berupa membaca Al-Quran, sodakoh dan juga melantunkan senandung sholawat.

Sholawat atas nabi atau Rasulullah memang seringkali menjadi setiap iringan dalam setiap kegiatan bahkan hembusan nafas yang semua umat Islam lakukan. Anda pun bisa mengutarakan sholawat ini baik secara lisan maupun di dalam hati saja.

Membaca Sholawat Nahdliyah

Di Indonesia, bahkan di seluruh dunia ada cukup banyak jenis sholawat yang nantinya bisa kita lantunkan. Nah, untuk salah satu sholawat yang bisa kita lantunkan setiap hari salah satunya adalah Sholawat Nahdliyah.

Dengan mengucap sholawat tentunya kita bisa mendapatkan banyak keutamaan dan manfaatnya yang bahkan sangat baik dalam kehidupan di dunia ini.

Untuk Sholawat Nahdliyah ini sendiri merupakan salah satu sholawat yang diciptakan oleh KH Hasan Abdul Wafi.

Sholawat ini bahkan merupakan salah satu rangkaian sholawat dan juga doa kepada Allah SWT sekaligus menunjukkan tujuan dari Nadlatul Ulama untuk meninggikan kalimat-kalimat Allah.

Sejarah Sholawat Nahdliyah

pencipta sholawat nahdliyah
nu.or.id

Sholawat Nahdliyah adalah salah satu sholawat yang dikarang oleh KH. Hasan Abdul Wafi. Sholawat ini juga merupakan salah satu sholawat yang bisa dibilang cukup populer di kalangan para santri dan juga kyai.

Sebab, sholawat ini adalah sholawat yang berisikan tentang doa tawasul untuk memohon secara khusus kepada Allah SWT agar semua jami’iyyah Nahdlatul Ulama selalu mampu untuk menyiarkan syiar-syiar Islam yang baik dan benar.

Sholawat ini juga merupakan sebuah sholawat yang dibuat untuk berdoa ketika semua umat Islam sedang menginginkan sebuah permintaan.

Pembuat sholawat ini adalah Sayyidi As-Syaikh Al-Hajj Hasan Abdul Wafi yang juga merupakan salah seorang ulama besar sekaligus pengasuh dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton di Probolinggo, Jawa Timur.

Kebesaran nama KH. Abdul Wafi ini membuat salah satu tokoh besar yang ada di Indonesia yaitu Gus Dur begitu mencintai bahkan menaruh rasa hormat sekaligus baktinya kepada beliau.

Bahkan Gus Dur sendiri memanggil beliau menggunakan panggilan “Sayyidi Al-Walid” atau yang diartikan dengan orang tua sendiri.

Di mata masyarakat Nahdliyin, sosok KH. Abdul Wafi ini bisa diartikan sebagai salah satu anggota bahkan jamaah dari NU yang tulen. Berbagai aktivitas bahkan peran beliau di dalam menjaga NU ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

  Download MP3 Sholawat Burdah

Sebagai buktinya sendiri bahwa sholawat ini pun lahir dan juga tercipta karena adanya rasa cinta beliau yang sangat kepada NU.

Bahkan beliau pun berharap agar seluruh masyarakat NY ini bisa selalu mengamalkan apa-apa saja yang sudah diajarkan oleh guru-guru besar termasuk mengamalkan sholawat Nahdliyah ini.

KH. Abdul Wafi ini wafat di hari Rabu, 31 Juli tahun 2000 dan juga dimakamkan di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur.

Inilah Lirik Bacaan Sholawat Nahdliyah dan Artinya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ

صَلَاةً تُرَغِّبُ وَتُنَشِّطُ

2x وَتُحَمِّسُ بِهَا الْجِهَادْ لِإِحْيَاءْ، وَإِعْلَاءِ دِيْنِ الْإِسْلَامْ

2x وَإِظْهَارِ شَعَائِرِهْ عَلَى طَرِيْقَةِ، جَمْعِيَّةِ نَهْضَةِ الْعُلَمَاءْ

2x وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

اَللّٰهْ اَللّٰهْ اَللّٰهُ اَللّٰهْ

ثَبِّتْ وَانْصُرْ أَهْلَ جَمْعِيَّةْ

2x جَمْعِيَّةْ نَهْضَةِ الْعُلَمَاءْ، لِإِعْلَاءِ كَلِمَةِ اللّٰهْ

Artinya:

“Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya, yang dengan berkah bacaan shalawat ini, jadikanlah kami senang, rajin, dan semangat dalam berjuang menghidupkan dan meninggikan agama Islam serta menampakkan syi’ar-syi’arnya menurut cara Jam’iyyah Nahdlatul Ulama.

Ya Allah, teguhkanlah pendirian dan berikanlah kemenangan bagi warga Jam’iyyah Nahdlatul Ulama (Nahdliyyin) untuk meninggikan Kalimatillah (agama Islam dan seluruh ajarannya)“.

Video Sholawat Nahdliyah Veve Zulfikar Merdu

Video Sholawat Nahdliyah Dewi Hajar Merdu

Video Sholawat Nahdliyah Gus Azmi


Download Mp3 Sholawat Nahdliyah Merdu

Sholawat Nahdliyah | Download


Mendengarkan Sholawat dengan Mudah

Perlu kita pahami bahwa membaca bahkan mengamalkan shoalwat memang mampu memberikan banyak keutamaan yang sangat baik. Perbuatan ini pun sangat disukai oleh Allah SWT.

Maka dari itulah semua orang wajib selalu bahkan rutin untuk mengamalkannya. Untuk membantu dalam mengamalkan sholawat ini dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada.

Beberapa keutamaan yang bisa didapatkan diantaranya bahwa mampu untuk mendatangkan berbagai karunia serta nikmat dari Allah SWT. Kemudian mampu untuk mendapatkan sebuah kebanggaan, membaca sholawat juga mampu untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Dengan rutin membaca sholawat juga mampu menjanjikan sebaik-baik tempat kembali bagi siapa saja yang mengamalkannya, maka akan mendapatkan pahala dan kesuksesan yang melimpah.

Sholawat juga merupakan salah satu amal yang paling mudah terkabul, mampu membuat kondisi hati menjadi bersih, dan juga mendatangkan harapan agar doa bisa terkabul. Allahuma Aaamiin.

Nah, untuk cara mudah mengamalkan sholawat ini dengan praktis adalah dengan download mp3 sholawat Nahdliyah yang mudah.

Anda bahkan bisa mendengarkannya baik melalui smartphone, melalui computer dan yang lainnya. Anda juga bisa terus membacanya kapan pun dan di mana pun.

Leave a Comment