Download MP3 Sholawat Tibbil Qulub

Download MP3 Sholawat Tibbil Qulub – Pada kali ini kita akan membahas mengenai bacaan Sholawat Tibbil Qulub, arti serta keutamaan Sholawat Tibbil Qulub. Sholawat Tibbil Qulub ini merupakan sholawat yang sering kali digabungkan dengan pembacaan doa.

Entah itu doa setelah sholat, doa saat syukuran, doa saat berkhutbah, ataupun doa-doa lainnya. Tibbil Qulub sendiri artinya adalah penyembuh atau obat hati. Sholawat ini juga sering kali diajarkan di beberapa Taman Pendidikan Al-Qur’an, khususnya di pedesaan.

Bacaan Sholawat Tibbil Qulub Arab, Latin dan Artinya

sholawat tibbil qulub

Latin sholawat tibbil qulub:

“Allahumma sholli ‘ala Sayyida Muhammadin thibbil quluubi wa dawaaiha, wa ‘aafiyatil abdani wa syifaa iha, wanuuril abshoori wa dhiyaa iha wa ‘ala aalihi wa shohbihi wa baarik wa sallim”

Terjemahnya:

“Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.”

Makna dan Keutaman Sholawat Tibbil Qulub

Sholawat syifa tibbil qulub adalah shalawat Thibbiyah yang populer sebagai penawar ataupun obat, Syafa’ di dalam shalawat tersebut berarti obat ataupun penawar, baik itu untuk obat hati ataupun untuk obat sakit dhohir (badan), dikarenakan di dalam bacaan tersebut ada kandungan berupa tawassul kepada Nabi Muhammad SAW.

  • Wa Nuuril Abshori Wa dhiyaiha adalah bentuk dari tawassul kepada Nabi supaya mata kita diberi cahaya, baik itu mata hati maupaun mata nyata kita. Dan ditunjukkan jalan yang lurus dan menyinari, serta dijauhkan ari segala maksiat yang terkait pada pandangan mata.
  • Shalawat tibbil qulub ataupun Sholawat syifa ini dikenal juga dengan shalawat nuril abshor, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bershalawat mempunyak banyak manfaatnya.
  • Sholawat syifa tibbil qulub diambil dari kitab yang berjudul “Mafaatihu as-sa’adaah fi Shalawat”. Al Habib Abu Bakar bin Abdullah bin Alwi bin Abdulloh bin Tholib Al-Athos.
  • Menjadikan beban hati dan pikiran kita semakin ringan, menyembuhkan serta mengobati dari sifat tercela dan juga kegundahan ataupun rasa was-was dan juga memberikan cahaya dan juga sinar bagi mata hati kita.
  • Ada beberapa keutamaan sholawat tibbil qulub yakni dapat mengobati ataupun memberikan kesehatan untuk tubuh dari berbagai macam penyakit.
  • Selain itu, sholawat syifa mampu menenangkan hati saat detik-detik persalinan yang hal tersebut cukup menegangkan. Dikarenakan dengan bersholawat ini insya Allah hati kita akan semakin merasa lebih tenang.
  • Selain membaca sholawat ini disaat persalinan, dianjurkan juga untuk membaca Surah Yasin ketika istri hendak melahirkan. Suami dapat membacakannya di samping istrinya. Drmikian hal tersebut pernah dijelaskan oleh Ustadz Abdul Somad di dalam ceramahnya. Dalam tafsir Ibnu Katsir, dg membaca Surat Yasin akan dimudahkan urusan yg berat, wallahua’lam.
  Download MP3 Sholawat Asyghil

Video Sholawat Tibbil Qulub

Download Mp3 Sholawat Tibbil Qulub Merdu

Sholawat Tibbil Qulub | Download

Silahkan di download mp3 sholawat tibbil qulub nya, bisa juga didengarkan langsung audionya. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment