Download Shalawat Tarhim (Sholawat Sebelum Adzan)

Download Sholawat Tarhim – Sholawat tarhim merupakan doa, pujian, bacaan seruan yang dikumandangkan beberapa kali sebelum adzan atau shalat subuh. Saat menjelang ssholat subuh seluruh umat muslim mungkin sudah tidak asing lagi kala mendengar bacaan tarhim. Sholawat tarhim sangat melegenda di Indonesia terutama pada waktu ramadan.

Lantunan sholawat tarhim ini sangat menyentuh hati sehingga membuat umat muslim semakin tersentuh dan semanagt menjalankan ibadah sholat subuh. Sholawat tarhim ini pada mulanya diperdengarkan hampir hampir di seluruh masjid dan mushala terutama di Jawa Timur.

Jejak Sholawat Tarhim

download sholawat tarhim
i.ytimg.com

Sholawat tarhim pertama kali dipopulerkan di Indonesia melalui Radio Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat), Surabaya pada sekitar tahun 1960-an. Penciptanya adalah Shaykh Mahmoud Khlalil Al Hussary, selaku ketua Jam’iyyatul Qurro di Kairo, Mesir.

Shaykh Mahmoud Khlalil Al Hussary ialah ulama lulusan Universitas Al-Azhar dan merupakan qari (pembaca Alquran) paling ternama di zamannya. Bahkan ia diberikan gelar Shaykh al-Maqari. Shaykh al-Hussary dikenal karena kepiawaiannya dalam membaca Alquran secara tartil.

Shaykh Mahmoud Khlalil Al Hussary lahir di Mesir, tepatnya di desa an-Namla pada 17 September 1917 M. Shaykh al-Hussary memasuki sekolah Alquran pada usia empat tahun. Di usianya ke-8 tahun ia telah berhasil menghafal Alquran. Ia mempelajari sepuluh qiraah di usia 12 tahun.

Saat usianya menginjak 25 tahun ia pergi ke Tanta dan menunjukkan eksistensi serta membuktikan dirinya sebagai seorang qari. Hingga pada akhirnya ia berhasil menjadi seorang qari di masjid Ahmadi dan terkenal di sana. Pada tahun 1944 M, ia dipindah ke Kairo dan memasuki stasiun radio resmi sebagai qari.

Tanggal 16 Februari 1944 M, ia membuat bacaan pertamanya. Dan pada tanggal 7 Agustus 1948 ia dinominasikan sebagai muadzin dan juga sebagai qari di masjid Sidi Hamza. Pada tahun 1949 M, Shaykh al-Hussary diangkat menjadi qari Sidi Ahmed al-Badaouni Tanta, masjid al-Ahmadi.

  Download MP3 Syair Doa Abu Nawas Merdu

Pada tahun 1955 M, ia diangkat menjadi al-Imam al-Husein Masjid di Kairo. Selama di Kairo Shaykh al-Hussary juga belajar di Al-Azhar. Dia dikenal sebagai sarjana yang religius dan penulis buku tentang berbagai aspek Alquran.Rekaman Shaykh al-Hussary tersebar luas dan didistribusikan ke luar Mesir.

Sekarang ini apabila mencari download sholawat tarhim yang terkenal dan mendunia ialah suara Shaykh al-Hussary. Sebagai salah satu qari dari empat peringkat unggul di Mesir, ia mencatat teks Alquran yang lengkap di kedua gaya bacaan, yakni murratal (tartil) dan mujawwad (tajwid).

Mendengarkan sholawat tentu membawa manfaat bagi kita. Beberapa manfaat tersebut diantaranya dapat membangkitkan ikatan emosional antara kita dengan Nabi Muhammad Saw., sholawat tarhim dapat menenangkan pikiran dan hati yang gundah, dan dapat sebagai sentuhan kalbu.

Tidak ada yang sia-sia dengan bersholawat, sebab sholawat justru mendatangkan ketenangan jiwa dan pikiran, melalui sholawat pula dapat sebagai ajang untuk selalu mengingat Rasulullah Saw., sehingga dapat meningkatkan semangat dalam beribadah, dapat meneladani akhlak yang mulia.

Sholawat merupakan salah satu sebab terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dunia serta dapat mensucikan hati dan juga dapat mendatangkan berkah bagi orang yang senantiasa mengucapkannya. Serta dapat bertambahnya iman karena sering bersholawat.

Download sholawat tarhim sekarang ini tentu akan lebih mudah mengingat perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Bagi Anda yang ingin menikmati lantunan sholawat tarhim dan ingin mendengarkannya sendiri di rumah, Anda bisa download sholawat tarhim melalui smartphone Anda.

Download Sholawat Tarhim Sebelum Adzan

Mp3 Sholawat Tarhim Syaikh Mahmud Khalil Al Hussary | Download

Mp3 Shalawat Tarhim Aldi Kriani | Download

Dan download pula Mp3 lainnya seperti Sholawat Fatih dan Sholawat Nariyah.

Leave a Comment