Download MP3 Suara Adzan Subuh Merdu

Download Suara Adzan Subuh – Setiap umat Islam mengenal lima waktu sholat, yakni sholat subuh, sholat dhuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan juga sholat isya. Diantara kelima waktu sholat tersebut, hanya sholat subuhlah yang memiliki perbedaan, terutama pada lantunan adzannya. Ya, lantunan adzan sholat subuh sedikit berbeda dengan lantunan adzan untuk waktu sholat lainnya.

Bagi umat Islam di seluruh dunia, adzan menjadi suatu pertanda memasuki waktu sholat wajib. Dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslmi, dijelaskan bahwa jika waktu sholat telah datang, maka salah satu umat muslim dalam suatu daerah diwajibkan untuk mengumandangkan adzan sedangkan bagi yang dituakan dapat menjadi imam sholat.

Seseorang yang mengumandangkan adzan disebut sebagai muazin atau bilal. Terdapat beberapa kemuliaan yang akan didapatkan oleh seorang muazin antara lain adalah sebagai berikut:

suara adzan subuh
balubu.com

1. Mendapatkan Kemuliaan Pada Hari Kiamat

Rasulullah SAW mengatakan dalam hadist riwayat Muslim, Ibnu Majah, dan Ahmad jika para muazin merupakan orang yang mendapatkan pahala paling banyak mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT ketika hari kiamat tiba.

2. Mendapatkan Ampunan oleh Allah SWT

Telah dijelaskan pada hadist riwayat Nasa’I dan Abu Dawud bahwa muazin akan diampuni seluruh kesalahannya oleh Allah SWT dan seluruh saksi sholat akan mendapat pahala sebanyak 25 kali sholat serta diampuni dosa keduanya.

3. Mendapat Jaminan Surga

Abu Hurairah mengatakan jika Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bagi siapa saja yang mengumandangkan adzan dengan penuh keyakinan, nisaya ia akan mendapat jaminan untuk masuk surga. Setiap adzan yang dilakukan oleh muazin setiap harinya maka ia akan mendapat 60 kebaikan.

  Doa Setelah Adzan dan Keutamaannya

Itulah ketiga kemuliaan bagi seorang muazin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adzan subuh memang sedikit berbeda dibandingkan adzan lainnya. Oleh sebab itulah, lantunan adzan subuh mempunyai keutamaan yang berbeda daripada lantunan adzan pada waktu sholat lainnya. Adapun empar keutamaan lantunan adzan subuh antara lain yaitu:

1. Lantunan Adzan yang Menjelaskan Jika Sholat Lebih Baik Dibandingkan Tidur

Hal ini terlihat dari lantunan adzan subuh, yakni “Ash-sholatu khairun minan naum” yang mempunyai arti “sholat jauh lebih baik dibandingkan tidur.” Lafal ini dikumandangkan sebanyak dua kali dan hanya ada pada adzan subuh. Adanya lafal ini menegaskan jika lebih baik melaksanakan sholat dibanding tidur.

2. Bacaan Tatswib Hanya Ada di Adzan Subuh

Kalimat tatswib seperti poin pertama tadi memang hanya ada pada adzan subuh. Seruan ini menunjukkan jika sholat subuh dilaksanakan ketika masih banyak orang-orang yang tertidur. Oleh karena itulah bacaan tatswib ini diperlukan.

3. Mempunyai Manfaat untuk Kesehatan

Menilik dari dunia kesehatan, bangun lebih pagi mempunyai dampak positif bag tubuh. Terutama untuk mencegah timbulnya gangguan kardiovaskular. Gerakan-gerakan yang dilakukan pada sholat subuh merupakan salah satu peregangan yang diperlukan tubuh untuk mencegah terjadinya pembekuan darah.

4. Melancarkan Pintu Rezeki

Bangun lebih awal dan melaksanakan sholat subuh akan membuka pintu rezeki. Hal ini karena orang yang bangun lebih awal adalah orang pekerja keras dan lebih bersemangat untuk melakukan pekerjaan.

Itulah keutamaan adzan subuh. Kini Anda mencari website untuk download mp3 suara adzan subuh. Suara adzan subuh mp3 ini dirasa menjadi langkah praktis untuk masjid dan surau. Anda dapat mengklik link download mp3 suara adzan subuh di bawah ini. Dengan begitu Anda dapat memiliki suara adzan subuh.

Download MP3 Suara Adzan Subuh Merdu

Download MP3: Adzan Subuh oleh Abu Hazim

Download Audio: Adzan Subuh Merdu Dari Madinah

Leave a Comment