Download Surat Al-Ashr MP3 Merdu

Download Surat Al-Ashr MP3Surat al-Ashr merupakan surat ke 103 yang diturunkan di kota Mekkah atau yang disebut surat Makkiyah. Surat ini terdiri atas tiga ayat dan Al-ashr sendiri memiliki arti masa atau waktu. Oleh karennya pada yang pertama memiliki terjemah “Demi Masa”.

Walaupun termasuk surat terpendek yang ada di Al-Qur’an, akan tetapi makna yang di dalamnya begitu besar. Sebelum masuk pada isi kandungan suratAl- Ashr, alangkah lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu sebab-sebab Allah SWT menurunkan surat ini.

Asbabun Nuzul Q.S Al-Ashr

Sebab turunnya surat ini menurut Muhammad Abduh yakni karena kebiasaan orang-orang Arab ketika sore hari. Dimana mereka memilih untuk bercakap-cakap tentang urusan duniawi atau tentang kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, banyak pula dari mereka yang saling memamerkan atau memegah-megahkan tentang asal usul nenek moyang mereka.

Selain itu juga saling beradu harta, tahta dan segala yang dipemerkannya. Oleh karennya, sering kali terjadi pertakaian dan saling ingin menang sendiri dan merasa paling tinggi diantara yang lainnya.

Oleh sebab itu, masyarakat Arab mengutuk waktu ashar sebagai waktu yang celaka, waktu-waktu yang paling membahayakan dan waktu yang naas.

Dengan demikian, Allah menurunkan Surat ini sebagai peringatan kepada mereka yang menyia-nyaiakan waktu ashar. Pada konteks ini tidak hanya waktu ashar tetapi waktu luang, waktu santai dan waktu untuk berlibur hanya untuk kesenangan bukan untuk beribadah kepada Allah.

Terjemah dan Isi Kandungan

murottal surat ashr
youtube.com

Adapun terjemah dari ke tiga ayat qur’an surat al-Ashr adalah sebagai berikut ini:

  1. Demi Masa
  2. Sungguh, manusia berada dalam kerugian
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.

Sebelum lanjut pada kandungan surat, perlu diketahui bahwa kata Al-Ashr memiliki arti masa dan beberapa ulama memandang masa itu dengan makna yang berbeda-beda. Berikut ini pandangan “Masa atau Waktu” oleh para jumhur ulama yakni sebegai berikut:

  • Waktu dimana shalat ashar boleh untuk di laksanakan
  • Waktu atau masa dimana Nabi Muhammad hadir dalam kehidupan ini
  • Waktu atau masa dimana gerak dan langkah tertampung d dalamnya.
  Download Murottal Saad Al Ghamidi mp3

Berikut ini isi kandungan dari Qur’an Surat Al-Ashr adalah sebagai berikut ini:

1. Secara garis besar, Allah menyatakan dalam surat ini bahwa manusia bener-benar dalam kerugian. Kecuali mereka yang senantiasa soleh dan saling menasehati dalam hal kebenaran dan kesabaran kepada manusia lainnya.

2. Jika ditelusuri satu persatu maka, sisi kandungan yang ada di dalamya yaitu:

  • Beriman kepada Allah SWT
  • Membuktikan tentang keimananya itu dengan cara beribadah dan mengerjakan amal-amal sholeh
  • Saling memberikan nasihat tentang kebenaran yang haq. Dalam artian saling memberikan motivasi tentang cara beriman atau mendekatkan diri kepada Allah dan cara berbuat amal sholeh.
  • Saling menasehati dalam kesabaran. Dalam hal ini yakni sabar dalam mengahdapi ujian hidup, ketika ada musibah dan tantangan lain dalam menghadapi permasalahan ketika berdakwah di jalan yang benar.

Pada intinya, surat ini mengingatkan kepada seluruh umat Islam untuk senantiasa memanfaatkan waktu untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Bukan untuk hal-hal yang justru merugikan dirinya dan orang lainnya. Oleh karena itu, banyak yang menginkan untuk belajar lebih mendalam dan menghafalkannya.

Hal tersebut dapat diperoleh dengan cara download surat al-Ashr mp3. Saking dahsyarnya makna dalam surat ini, Imam Syafi’I menyatakan “jika setiap manusia merenungkan surat ini (al-Ashr), niscaya hal tersebut akan mencukupi bagi mereka”.

Ucapan tersebut juga menfgandung makna agar manusia memegang teguh untuk beiman, bermal soleh, berdakwah dan bersabar.

Surat ini juga masih ada kaitannya dengan surat Al-Humazah. Karena keduanya memiliki kesamaan makna tetang sifat manusia yang beruntung dan juga yang merugi selama hidupnya.

Download Murottal Surat Al Ashr

Download Murattal Al-‘Asr |Ziyad Patel

Download Murottal Al-‘Asr | Misyari Rasyid

Download Audio Al-‘Asr | Abdurrahman as-Sudais

Download Audio Al-‘Asr | Abdurrahman al-Ausy

Download Qiro’ah Al-‘Asr | Sa’ad al-Ghamidy

Demikianlah penjelasan mengenai surat Al-Ashr yang bisa Anda amalkan. Untuk Anda yang menginginkan untuk mendownloadnya, Anda bisa download surat al-Ashr MP3 di atas.

Dengan begitu, anda dapat dengan mudah untuk merenungkannya dan memaknai dalam kehidupan sehari-hari. Dan Dowload juga Surat Al A’la yang biasanya sering dibaca oleh imam. Semoga bermanfaat

Leave a Comment