Download Surat Al Bayyinah MP3

Download Surat Al Bayyinah MP3 – Dalam ajaran agama Islam, keberadaan Al Qur’an bukan hanya semata-mata bacaan yang penting untuk selalu dibacakan. Lebih dari itu, Al Qur’an merupakan pedoman bagi umat muslim untuk menjalankan kehidupannya di dunia agar kelak mendapatkan keistimewaan di akhirat denga mengikuti segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah yang udah termaktub dalam Al Qur’an.

Sebab, di dalamnya terdapat segala bahasan tentang berbagai peristiwa. Bagaimana seharusnya umat muslim menghadapi keadaan yang demikian dan demikian.

Jadi, Al Qur’an memang berisi tentang ke pelurusan segala urusan, termasuk juga pembuktian. Pembuktian yang dimaksud adalah bukti pada manusia akan kebesaran dan ke-Esa-an Allah. Hal ini bisa dibuktikan pada Surat Al Bayyinah.

Surat Al Bayyinah merupakan surat ke-98 yang diturunkan oleh Allah setelah Surat At Talaq. Adapun jumlah surat ini, yaitu 8 ayat dan termasuk surat Al Madaniyah.

Surat Al Bayyinah sendiri memiliki arti Pembuktian. Nama dari Surat Al Bayyinah ini sendiri tentu saja diambil dari pokok kandungan di dalamnya yang secara umum menjelaskan tentang pembuktian agama Allah.

Penjelasan Surat Al Bayyinah

surat al bayyinah

Di dalam surat ini dijelaskan, bahwa Al Qur’an dan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam merupakan bukti nyata dari Allah tentang ajaran Islam yang lurus.

Pembuktian ini diturunkan untuk memperingati orang-orang musyrik yang tetap ingin meninggalkan kepercayaannya sebelum adanya bukti secara nyata yang bisa dilihat mata kepala.

Dikisahkan kala itu, ada beberapa kelompok golongan yang merupakan para penyembah berhala dan api, serta tidak mempercayai ajaran Allah.

Mereka adalah golongan Yahudi dan Nasrani yang tidak percaya dengan ajaran Allah. Para Mujahid mengatakan, mereka tidak akan meninggalkan apa yang mereka percayai hingga kebenaran tampak jelas di depan mata mereka

Inilah yang dikatakan sebagai sikap fanatik mereka dalam mempertahankan keyakinannya. Sehingga, pada golongan inilah, Allah memperingatkannya melalui Firman-Nya.

Turunlah Ayat Al Qur’an Surat Al Bayyinah ayat 1 yang memiliki arti,

Orang-orang kafir, yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik takkan menyerah sebelum hadir pada mereka bukti yang nyata”.

Kemudian, turun ayat ke-2 yang menjelaskan perihal pembuktian tersebut,

(yaitu) seorang Rasul dari Allah yang membacakan lembaran kitab yang suci (Al Qur’an)”.

Turun pula ayat ketiga, yang berarti “serta berisi berbagai ketetapan yang tepat.” Setelahnya, turun ayat-ayat selanjutnya hingga utuh 8 ayat.

  Download Mp3 Surat Al Ikhlas Merdu

Inti dari makna Surat Al Bayyinah adalah Allah akan mengganjar orang-orang kafir yang menolak kitab-kitab Allah yang diturunkan melalui Nabi-nabi Allah, bahwa kelak pada hari akhir (kiamat) nanti, mereka kelak akan mendapatkan tempat yang sepantasnya, yaitu neraka jahannam.

Golongan inilah yang akan kekal di dalamnya. Dalam arti, golongan mereka tidak akan dipindahkan selama-lamanya dari neraka.

Dalam Surat Al Bayyinah, Allah juga menjanjikan surga yang di bawahnya megalir sungai-sungai jernih bagi mereka yang senantiasa berbuat baik, yaitu mereka yang dengan sepenuh hati beriman kepada Allah dan mengejakan amal shalih dengan badan mereka sendiri. Golongan inilah yang termasuk makhluk yang sebaik-baiknya makhluk.

Keutamaan Surat Al Bayyinah

Mereka yang mau membaca dan memahami kandungan Surat Al Bayyinah juga akan mendapatkan keutamaan-keutamaan yang besar, yaitu sebagai berikut:

  1. Selalu mendapatkan manfaat yang besar dalam hidupnya jika dapat mengamalkan dan mengajarkannya pada banyak orang.
  2. Membuat seorang yang ragu dalam keimanannya menjadi semakin yakin dengan membaca Surat Al Bayyinah sebanyak 7 kali setiap malam menjelang tidur.
  3. Sebagai penenang Ibu hamil agar diberikan keyakinan bisa melahirkan dengan selamat atau Ibu yang baru gugur kandungannya agar diberikan keikhlasan lahir dan batin.
  4. Melindungi dari gangguan-gangguan, seperti mengalami mimpi basah yang terlalu sering atau bertemu lawan jenis dengan kapsitas yang sering.
  5. Mengobati sakit perut atau segala penyakit yang belum diketahui penyebabnya oleh tenaga kesehatan.

Demi mendapatkan ridha Allah dan keutamaan-keutamaan tersebut, maka penting bagi seluruh umat muslim untuk rutin mendengarkan Surat Al Bayyinah di setiap waktu. Download Surat Al Bayyinah MP3 pada tautan di bawah ini untuk mendapatkan bacaan Surat Al Bayyinah yang terbaik.

Download Murottal Surat Al Bayyinah MP3

Download Ngaji Al-Bayyinah | Abdul Basith Abdus Shamad

Download Murattal Al-Bayyinah | Imad al-Mansary

Download Qiro’ah Al-Bayyinah | Muhammad Thaha al-Junaid

Download MP3 Al-Bayyinah | Muhammad Ayyub

Download Bacaan Al-Bayyinah | Misyari Rasyid

Leave a Comment