Download Surat Al Humazah MP3

Download Surat Al Humazah MP3 – Sebagai pedoman berkehidupan bagi umat muslim, Al Qur’an mengajarkan apa yang seharusnya dan tidak boleh dilakukan. Semua ini bukan hanya terkait hubungan pribadi dengan Allah, melainkan juga hubungan sesama manusia yang sering kita dengar dengan “habluminallah, habluminannas”.

Untuk itu, dalam kitab suci Al Qur’an dijelaskan pula perihal hubungan sesama manusia, di mana Allah melarang hamba-Nya untuk membongkar aib seseorang kepada orang lain dan mengumpat di belakangnya.

Di dalam Al Quran, perihal ini dibahas, salah satunya melalui Surat Al Humazah. Surat ini termasuk surat ke-104 dan termasuk dalam surat Makkiyah yang terdiri dari 9 ayat.

Arti Surat Al Humazah

surat al humazah

Surat ini dinamakan Al Humazah, karena diambil dari ayat pertamanya yang memiliki arti pengumpat. Nama ayat ini juga diambil dari pokok isi Surat Al Humazah, yang memiliki arti sebagai berikut:

  1. Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela
  2. Yang mengumpulkan hartanya dan menghitung-hitungnya
  3. Dia mengira, bahwa harta itu dapat menjadikannya kekal
  4. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilempar ke dalam Huthamah
  5. Dan tahukan kamu apa Huthamah itu?
  6. (yaitu) Api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan
  7. Yang (bisa membakar) sampai ke hati
  8. Sesungguhnya neraka Huthamah itu ditutup rapat atas mereka
  9. (Sedang mereka itu diikat) Dengan tiang-tiang yang panjang

Menurut banyak ahli tafsir, surat ini turun atas peristiwa Walid bin Mughirah. Walid bin Mughirah adalah seorang kepala klan dari Banu Makhzum yang merupakan bagian dari suku Quraisy. Ia adalah orang yang tiada hentinya mencela dan menggunjing Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam saat tidak berada di hadapannya.

Namun, menurut pendapat ahli tafsir yang lainnya, surat ini turun bukan hanya karena Walid bin Mughirah saja yang menggunjing Rasulullah. Ayat ini juga diturunkan untuk memperingatkan Al Akhnas bin Wahb Ats Tsaqafi, Umayyah bin Khalaf Al Jahmi, Jamil bin Amir Ats Taqafi, dan masih banyak lagi orang yang gemar menggunjing Rasulullah.

Mereka yang tidak suka dengan Nabi Muhammad dan kebaikan yang disebarkannya, selalu menjelek-jelekkan Rasulullah.

Secara umum sebenarnya bisa dikatakan, bahwa surat ini diturunkan oleh Allah untuk menjelaskan pada semua orang yang memiliki sifat pencela. Allah mengancam orang-orang yang sering mencela orang lain, suka mengumpulkan harta, dan suka mengumpat.

  Download Ayat Kursi MP3 Suara Merdu

Ancaman juga bagi orang-orang yang tidak pernah mau menginfakkan sebagian dari hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti anak yatim, fakir miskin, budak, dan sebagainya. Padahal, dari sebagian harta itu ada sebagian hak mereka yang harus diberikan.

Keutamaan Surat Al Humazah

Dengan membacanya dan memahami arti Surat Al Humazah, manusia akan mendapatkan banyak keutamaan. Apalagi, jika mampu mengamalkan apa yang terkandung dalam ayat demi ayat pada surat tersebut. Lantas, apa saja keutamaan dari membaca dan memahami Surat Al Humazah?

  1. Barangsiapa yang membacakan surat Al Humazah kepada orang yang sedang mengalami sakit mata, atas seizin Allah bisa segera disembuhkan
  2. Barang siapa yang mau memnacanya setiap selesai mengerjakan shalat sunnah rawatib atau shalat sunah lainnya, maka akan dilapangkan rezekinya oleh Allah dan diberikan kemudahan harta
  3. Barangsiapa yang mau membacanya terus-terusan secara rutin, maka ia akan dicukupkan rezekinya oleh Allah
  4. Barangsiapa yang membaca Surat Al Humazah 7 kali secara rutin pada pagi dan sore hari, maka Allah akan melindunginya dari godaan syaitan dan gangguan sihir yang tertuju padanya.
  5. Memperingatkan manusia akan akidah kebangkitan dan balasan
  6. Peringatan bagi mereka yang gemar berghibah (gemar membicarakan aib dan keburukan orang lain) dan namimah (gemar mengadu domba).

Selain keistimewaan yang disebutkan di atas, mereka yang mau mendengar, membaca, serta mengamalkan Surat Al Humazah juga akan mendapatkan manfaat. Manfaat yang pertama adalah bisa menyadarkan manusia tentang adanya siksaan bagi orang-orang yang mengumpat pada orang lain dan mereka yang menimbun hartanya.

Kedua, kita jadi hati-hati dan bijaksana dalam bersikap. Untuk mendengarkan surat ini secara rutin, segera Download Surat Al Humazah MP3 pada tautan berikut ini.

Download Mp3 Surat Al Humazah

Download Mp3 Al-Humazah | Muhammad Thaha al-Junaid

Download Murottal Al-Humazah | Abdurrahman as-Sudais

Download Mp3 Al-Humazah | Misyari Rasyid

Download Surat Al-Humazah | Sa’ad al-Ghamidy

Download Mp3 Surat Al-Humazah | Abdurrahman al-Ausy

Leave a Comment