Download Surat Al Kautsar MP3 Merdu

Download Surat Al Kautsar MP3 – Ada ribuan ayat dan ratusan surat di dalam Al Qur’an yang semanya berisi tentang pedoman hidup umat muslim di seluruh penjuru dunia. Ada satu surat di dalam Al Qur’an yang ayatnya menjadi yang terpendek di antara ratusan surat dalam Al Qur’an, yaitu Surat Al Kautsar.

Surat ini merupakan surat ke-108 dalam Al Qur’an dan termasuk dalam surat Makkiyah yang hanya berisi 3 ayat saja.

Surat Al Kautsar sendiri memiliki arti “nikmat yang berlimpah”. Pokok dari isi surat ini adalah janji Allah akan surga dan telaga Al Kautsar jika seseorang mau melaksanakan perintah Allah, seperti melaksanakan shalat dan berkorban karena Allah.

Sebab, Allah telah memberikan berbagai macam kenikmatan untuk manusia. Sedangkan, mereka yang kafir, sesungguhnya merekalah yang terputus nikmatnya.

Sebagaimana ayat-ayat Allah yang lainnya yang diturunkan dengan alasan, Surat Al Kautsar juga diturunkan bukan tanpa alasan. Surat Al Kautsar pertama kali diturunkan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam karena suatu kejadian yang menimpa Rasulullah.

Dikisahkan, pada saat Rasulullah ditinggal wafat oleh putranya, Ibrahim dan Qasim, banyak orang kafir yang mencemoohnya dan mengatakan, bahwa keturunannya akan terputus.

Tiga faktor yang membuat orang-orang kafir berlaku demikian. Pertama, kafir Quraisy menganggap bahwa Rasulullah adalah orang yang lemah dan memiliki pengikut yang sedikit. Kedua, mereka bahagia atas meninggalnya putra Rasulullah. Ketiga, perasaan bahagia orang kafir atas kesedihan dan musibah yang dialami orang-orang mukmin.

Kejadian ini, lantas membuat Rasulullah dirundung kesedihan yang begitu dalam. Kemudian, Allah menurunkan Surat Al-Kautsar sebagai bantahan atas apa yang dituduhkan oleh orang-orang kafir pada Rasulullah perihal putusnya keturunan Rasulullah.

Surat ini diturunkan juga sebagai penghibur bagi Rasulullah yang kala itu tengah dirundung kesedihan.

Makna surat Al Kautsar

download surat al kautsar

Makna surat Al Kautsar kemudian diterangkan dalam beberapa tafsir. Berikut maknanya:

  1. Surat ini menunjukkan, bahwa Allah memberikan nikmat yang banyak pada Rasulullah, seperti nikmat keturunan yang banyak bahkan telaga Al Kautsar yang ada di surga Allah.
  2. Surat Al Kautsar juga bermakna arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri segala nikmat yang banyak yang telah diberikan Allah dengan shalat secara ikhlas dan berqurban yang dipersembahkan semata-mata hanya untuk Allah.
  3. Surat ini juga memberitakan bahwa orang-orang yang membenci Rasulullah adalah orang-orang yang abtar. Artinya, terputus dari kebajikan dan rahmat Allah. Selain itu, terputus dari kebaikan yang pernah dilakukannya, bahkan di antaranya benar-benar terputus keturunannya.
  Download Murottal Surat Al-Lahab MP3 Merdu

Keutamaan Surat Al Kautsar

Membaca Surat Al Kautsar dan mengamalkannya akan mendapatkan beberapa keutamaan atau keistimewaan yang sudah secara rinci dijelaskan dalam Al Qur’an. Berikut ini beberapa di antara banyaknya keutamaan yang bisa didapatkan dari Surat Al Kautsar:

  1. Membuat hubungan seseorang menjadi lebih harmonis dengan mengamalkannya saat shalat tahajud secara rutin. Bisa juga dilakukan bersama pasangan yang ingin harmonis selalu hubungannya.
  2. Melunakkan seseorang yang keras hatinya. Misalnya, pada saat sedang dihadapkan pada seseorang yang selalu memarahi kita, bacakan surat ini sebanyak 3 kali di dalam hati.
  3. Menjadi “alarm” pembangun tidur dengan membacanya sebanyak 7 kali sebelum tidur. Ini berlaku juga bagi seseorang yang sulit bangun pagi.
  4. Menciptakan ketentraman dalam hati yang sedang gundah karena suatu yang ia ketahui maupun karena sesuatu yang tidak diketahuinya.
  5. Menjadi pembuka rezeki yang halalan thayyiban. Amalkan selalu setelah shalat dhuha maupun shalat wajib.
  6. Memberikan perlindungan dari sihir dan niat jahat seseorang. Allah akan melindungi seseorang dari pengaruh sihir, apabila rutin membaca surat ini.
  7. Mengatasi rasa ketakutan yang berlebihan karena suatu hal, misalnya akan menghadapi ujian atau interview kerja.
  8. Membuka jalan untuk terkabulnya doa dan harapan pada mereka yang membacanya dengan rasa ikhlas.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai Surat Al Kautsar dan berbagai macam keutamaannya. Dengan mendengarkan lantunan ayatnya, turut membacanya, memahami maknanya, dan mengamalkannya.

Seluruh umat muslim akan mendapatkan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah yang sudah termaktub dalam kitabnya. Download Surat Al Kautsar MP3 di sini.

Download Murottal Surat Al Kautsar MP3

Download Bacaan Al-Kautsar | Ahmad Saud

Download Qiro’ah Al-Kautsar | Muhammad Thaha al-Junaid

Download Audio Al-Kautsar | Abdurrahman as-Sudais

Download Bacaan Al-Kautsar | Misyari Rasyid

Download Qiro’ah Al-Kautsar | Sa’ad al-Ghamidy

Silahkan di download mp3 surat Al Kautsar, dan kunjungi juga pembahasan mengenai surat Al Qadr. Terima kasih

Leave a Comment