Murottal Muzammil Hasballah MP3

Murottal Muzammil Hasballah – Sering kali kita mendengar pembacaan ayat suci Al-Qu’ran yang dibacakan dengan nada yang indah dan menentramkan hati. Tidak semua orang Islam dapat melakukannya.

Mereka yang diberi anugerah suara emas haruslah bersyukur, karenanya merupakan manusia pilihan yang bisa melantunkan ayat nan suci dengan nada yang sangat indah.

Pembacaan Al-Qu’an yang seperti itu disebut dengan Murottal. Lebih jelasnya, Murottal merupakan membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai tajwid dan makharijil hurufnya disertai dengan nada dan lantunan yang pas.

Tidak heran jika fokus di keduanya membuat murottal ini menjadi sesuatu yang unik dan menentramkan hati saat didengarkan.

Membaca Al-Qur’an secara murottal memiliki tingkat kecepatan membaca yang ditartilkan. Dalam kecepatan membaca Al-Qur’an sendiri terdiri dari Tartil, Tadwir, Hadr dan Tahqiq.

Tartil sendiri merupakan membacakan Al-Qur’an dengan tenang dan tidak tergesa-gesa dengan memperhatikan ilmu tajwid dan memaknai setiap lafadznya.

Dalam Qur’an Surat al-Muzammil ayat 37, Allah Subhanahu Wata’ala memerintahkan untuk membaca Al-Qu’an secara tartil.

Manfaat Mendengarkan Murottal

manfaat murottal
madaninews.id
  1. Memberikan ketenangan jiwa

Dengan membaca Al-Qur’an saja, kita sebagai orang Islam akan merasakan tenang. Di samping itu, Allah SWT Yang Maha Pengasih akan memberikan pahala dan menurunkan rahmat bagi orang yang rajin membaca Al-Qur’an.

Murottal ini dapat mempengaruhi pada kecerdasan Inteleqtual, emosional dan spiritual. Karenanya, lantunan yang dilagukan akan merefleksi otak sehingga membuat otak bekerja dengan santai dan penuh ketenangan, menurunkan ketegangan otak dan mampu mengendalikan emosi.

Jadi tidak ada salahnya jika kita bekerja sembari mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an versi murottal.

  1. Membawa pengaruh positif bagi pendengarnya

Pembacaan murottal dengan frekuensi 50 Db juga ternyata akan berpengaruh bagi fisiologis manusia. Hal itu terbukti pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Khan pada tahun 2003. kemudian diperkuat oleh penelitian yang dilakukan Dr Al-Qadhi di Florida, Amerika Serikat.

Mereka yang rutin mendengarkan lantunan murottal ternyata memiliki kepribadian yang tenang, tidak tergesa-gesa, dan bisa berpikir jernih.

Jika Anda merupakan tipe orang yang tempramen dan sering merasa gelisah, mendengarkan murottal bisa memberikan efek nyaman dan rileks dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Meringankan berbagai macam penyakit

Dengan mendengarkan Murottal maka tubuh akan terbawa pada suasanan tenang, tidak hanya penyakit hati tetapi berpengaruh juga dalam menyembuhkan penyakit jasmani.

Mendengar Murotal dapat menyembuhkan penyakit kronis dan degeneratif serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Karena memperoleh ketenangan, membuat saraf-saraf dalam tubuh senantiasa rileks. Itulah yang membuat mengapa murottal begitu sangat menakjubkan.

Perlu diketahui bahwa pembacaan tersebut harus didasari pada rasa ikhlas dan semata-mata mencari ridho Allah, serta percaya pada fungsi Al-Qur’an sebagai As-Syifa.

Teknik dalam membaca Al-Qur’an itu berbeda-beda maka tidak heran jika banyak variansi lagu dalam membaca Al-Qur’an.

Teknik tartil tentu berbeda dengan tilawah, pada Tilawatil Qur’an, seseorang dapat membacanya dengan model Bayati, Hijaz atau yang lainnya.

Sedangkan dalam tartil harus tepat penempatan lagu, tajwid dan makhrajnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempertajam kefashihan dalam membaca Al-Qur’an.

Apapun bacaan serta jenis teknik yang digunakan, janganlah melebihi dari ketentuan tajwid yang ditetapkan.

Banyak kesalahan dari qari zaman sekarang adalah lebih mengutamakan lagu dari pada tajwid dan makna lafadznya.

Berbagai kesalahan yang sering dilakukan Qari saat membacakan Al-Qur’an adalah keslahan dalam makharijil huruf, kesalahan nada, kesalahan pada hurufus-sakinah dan kesalahan pada mad.

Syekh Mahmud Khalil al-Hushari al-Qari dalam kitab Ahkamu Qira’atil Qur’an yang ditulisnya, menyebutkan ada 2 kesalahan yang sering dilakukan oleh para qari diantaranya yaitu:

  • Al-Lahnul Kafi

Yakni kesalahan pada pembacaan lafadz-lafadz Al-qur’an yang tidak menyalahi pada kaidah bahasa arab, akan tetapi menyalahi pada kaidah ketentuan tajwid. Beliau juga menyebutkan bahwa kesalahan yang dilakukan seperti ini, hukumnya adalah Makruh.

  Download Surat Maryam Mp3
  • Al-Lahnul Jali

Yaitu kesalahan yang dilakukan dengan menyalahi dua kaidah wajib yaitu menyalahi kaidah tajwid dan kaidah bahasa arab. Apabila seseorang melakukan kesalahan ini secara sengaja, maka haram hukumnya. Terlebih orang tersebut telah mengetahui secara betul tentang dua kaidah tersebut.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui dan memahami serta terus belajar untuk bisa membaca al-Qur’an secara baik dan benar. Bahkan Allah Swt memerintahkannya dalam Qur’an surah Al-Baqarah ayat 121 yang berbunyi:

الَّذِينَ آَتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِه

Alladziina atainaahumul Kitaaba yatsluunahu haqqa tilaawatihi…

“Orang-orang yang telah Kami (Allah) beri mereka al-kitab (Al-Qur’an) lalu mereka membacanya dengan bacaan yang sebenar-benarnya (Q.S. Al-Baqarah:121)

Profil Singkat Muzammil Hasballah

profil muzammil hasballah
bp.blogspot.com

Salah satu Qari asli Indonesia yang terkenal dengan murottalnya yang Khas adalah Muzammil Hasballah.

Pria kelahiran Banda Aceh ini merupakan seseorang yang terkenal karena sura merdunya saat membaca Al-Qur’an. Karena suaranya tersebut membuatnya menjadi Imam di Masjid Salman.

Selain di Masjid Salman, Ia juga dipercayai sebagai Imam Masjid Al-Latifh, Bandung. Lebih dari itu, Muzamil Hasballah adalah lulusan Institut Teknik Bandung yang cerdas dan berkarismatik.

Suaranya yang merdu itu telah di kenal hingga ke Mekkah. Hingga mendapat pujian dari Imam Besar Masjidil Haram yakni Syekh Adel Al-Kabani.

Pertama kali Muzammil Hasballah mengunggah videonya yang sedang mengimami pada tahun 2012 mendapati banyak pujian dari berbagai pihak.

Murottal Muzammil Hasballah Mp3 sudah banyak di unggah dan dapat di unduh oleh siapapun. Chanel youtube miliknya juga mendapat banyak dukungan dari para subcriber.

Hingga akun instagram miliknya dibanjiri dengan lebih dari satu juta followers. Banyak prestasi yang di raih oleh Muzamil Hasballah, hingga dikenal sebagai seseorang yang mengispirasi, memotivasi dan berprestasi.

Selain itu, penampilannya yang mengikuti zaman membuatnya lebih tampil menarik dan berbeda dengan qari yang lainnya.

Tidak hanya membaca atau melantunkan ayat Al-Qur’an, Muzzamil juga seorang Hafidz atau penghafal Al-Qu’an. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Murottal Muzzamil Hasballah selalu menjadi favotit bagi kaum Muslim di penjuru dunia khususnya di Indonesia.

Bahkan gayanya yang menampilkan ciri khas tersendiri, membuat “Murottal Muzammil” memberikan semangat untuk menghafal Al-Qur’an.

Dengan begitu, akan lebih bermanfaat teknologi sekarang untuk sejenak mendengarkan dan menentramkan hati dari kesibukan keseharian. Serta menambah ilmu dan teknik baca Al-Qur’an.

Beberapa Murottal Muzammil Hasballah Mp3 yang diunggahnya seperti semua surat yang ada pada juz 30, surat al-Fatihah, surat Al-Kahfi, Ayat Kursi, surat Yasin, surat Al-Furqon, surat Al-Qiyamah, surat al-Mukmin, surat Waqi’ah, Surat Ar-rahman dan surat al-Mulk.

Kebanyakan adalah surat-surat penting yang memiliki makna dalam yang tersirat didalamnya. Dengan begitu, selain menentramkan jiwa karena suara merdunya, teknik bacaannya juga sangat baik sehingga tidak heran jika siapapun memujinya.

Banyak pula qori asal Indonesia yang memiliki prestasi yang sama-sama luar biasa.

Itulah penjelasan terkait Murottal yang dibawakan oleh Muzammil Hasballah. Murottalnya juga dijadikan sebagai rujukan baik oleh orang muslim yang ingin belajar Al-Qur’an.

Dan berikut merupakan beberapa video murottal Muzammil Hasballah yang paling banyak ditonton di Youtube.

Murottal Muzammil Hasballah Terbaru – Surat Ar Rahman

Murottal Muzammil Hasballah Terbaru – Juz 30 Full

Murottal Muzammil Hasballah Terbaru – Surat Al Kahfi

Leave a Comment