Niat Sholat Hajat dan Tata Cara Sholat Sunnah Hajat

Setiap orang tentu memiliki sebuah keinginan atau pengharapan. Setiap orang juga memiliki cara masing-masing untuk meminta keinginan atau hajat tersebut. Bagi seorang muslim, salah satu hal yang harus dilakukan oleh seorang muslim yaitu meminta kepada Allah SWT.

Cara meminta kepada Allah juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu melakukan sholat hajat. Niat sholat hajat hampir mirip dengan sholat-sholat sunnah pada umumnya. Namun, ada beberapa kata yang harus diubah.

Sholat sunnah hajat merupakan salah satu sholat yang dilakukan oleh orang muslim untuk meminta kepada Allah SWT supaya dikabulkan atau dilancarkan hajatnya. Beberapa muslim yang melakukan sholat hajat biasanya meminta berbagai macam hal.

Mulai dari dilancarkan dalam hal pekerjaannya, di sukseskan menuju keberhasilannya bahkan tak jarang orang melakukan sholat hajat untuk meminta jodoh. Melakukan sholat sunnah hajat dapat dilakukan dengan memperhatian beberapa tata cara sholat hajat berikut ini.

Cara Melakukan Sholat Hajat dan Niat Sholat Hajat

tata cara sholat
suaramuslim.net

Melakukan sholat hajat tidaklah sama dengan melakukan sholat sunnah yang lainnya. Selain tata caranya yang cukup berbeda, niat sholatnya pun berbeda. Bagi Anda yang ingin hajatnya dikabulkan, berikut ini adalah cara melakukan sholat sunnah hajat yang baik dan benar.

– Niat Sholat Sunnah Hajat

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan sholat sunnah hajat yaitu mengucapkan niat. Niat sholat hajat yang harus dilafalkan yaitu:

“Usholli Sunnattal Haajati Rok’ataini Lillahi Ta’aala” yang artinya yaitu “aku niat melaksanakan sholat sunnah hajat dua rokaat karena Allah Ta’ala.”

Melafalkan niat sebelum sholat sangatlah penting dilakukan. Hal ini dilakukan untuk meluruskan dan menguatkan niat sholat. Mengingat sholat hajat merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh muslim untuk meminta dan memohon supaya dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

– Jumlah Rokaat Sholat Sunnah Hajat

Setiap sholat tentu sudah memiliki aturan masing-masing jumlah rokaat yang harus dikerjakan. Pada sholat sunnah hajat, rokaat yang harus dikerjakan yaitu sebanyak dua rokaat. Hal ini sudah ditetapkan oleh ulama baik dalam mazhab Hambali, Syati’iah maupun Malikiyah.

  Niat Sholat Jamak dan Ketentuan Pelaksanaannya

– Waktu yang Tepat untuk Sholat Sunnah Hajat

Melakukan sholat sunnah maupun wajib tentu sudah ditetapkan kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah tersebut. Bagi Anda yang ingin melaksanakan dan niat sholat sunnah hajat, Anda harus memperhatikan kapan saja waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat ini.

Pada dasarnya, sholat hajat bisa dilakukan kapan saja. Anda bisa melaksanakannya pada saat waktu dhuha yaitu pada pagi hari maupun pada saat malam hari pada waktu ibadah sholat tahajud.

– Rukun Sholat Sunnah Hajat

Setiap melaksanakan ibadah sholat tentu aka nada rukun yang harus diperhatikan. Rukun-rukun sholat sunnah hajat hampir sama dengan beberapa sholat sunnah lainnya. Sholat sunnah hajat bisa dilakukan pada rokaat pertama yaitu dengan mengucapkan niat sholat hajat di dalam hati.

Kemudian, membaca takbiratul dan membaca iftitah. Setelah itu, Anda bisa membaca surah al fatihah yang dilanjutkan dengan suratan pendek. Salah satu surah yang disarankan untuk sholat hajat yaitu surah Al Kafirun.

Setelah membaca suratan pendek, Anda bisa melanjutkannya dengan rukun selanjutnya yaitu ruku’ dan sujud. Anda bisa melanjutkan rukun selanjutnya yaitu dengan mengerjakan rokaat kedua.

– Dzikir Sholat Hajat

Dzikir merupakan salah satu amalan yang biasanya dilakukan setelah melaksanakan sholat baik sholat sunnah maupun wajib. Dzikir dilakukan utnuk memanjatkan doa-doa dan memuji keagungan Allah SWT. Selain itu, membaca dzikir juga dilakukan untuk lebih mengingat terhadap Allah SWT.

Adapun Dzikir yang bisa dibaca setelah niat sholat hajat dan mengerjakan sholat hajat yaitu membaca sholawat nabi sebanyak 10x dan doa sapu jagat sebanyak 10x.

Dengan melaksanakan sholat hajat yang khusyuk serta niat sholat hajat dengan ikhlas dan tulus dalam hati nicaya hajat Anda akan dikabulkan.

Anda bisa melakukan sholat sunnah hajat setiap hari sebagai salah satu bentuk ikhtiar kepada Allah SWT. Tak lupa, setelah sholat, Anda bisa membaca doa yang dibaca setelah sholat hajat supaya doa Anda diijabah oleh Allah SWT. Terima kasih

Dan jika kamu sedang dalam perjalanan, baca juga artikel tentang niat sholat jamak dan ketentuan pelaksanaannya.

Leave a Comment