Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud – Selain sholat fardhu yang dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari, umat Islam juga mengenal beberapa sholat sunnah. Salah satu sholat sunnah yang dapat dikerjakan ketika malam hari adalah sholat tahajud.

Lebih tepatnya, sholat tahajud ini dikerjakan pada sepertiga malam serta dikerjakan sedikitnya dua rokaat dan dapat dilakukan sebanyak-banyaknya tanpa batasan. Sholat tahajud merupakan golongan sholat sunnah mu’akad, yakni sholat yang diperkuat oleh syara’.

Untuk melakukan sholat tahajud tentu niat yang dilafalkan berbeda dengan niat sholat fardhu. Oleh karena itu, berikut ini adalah niat sholat tahajud yang wajib Anda baca sebelum melaksanakan sholat sunnah malam ini.

doa niat sholat tahajud

“Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Yang artinya,

“Aku niat sholat tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Untuk tata cara sholat tahajud ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan sholat sunnah secara umum. Di bawah ini adalah tata cara untuk melaksanakan sholat tahajud.

  1. Membaca niat sholat tahajud diikuti artinya dengan suara yang pelan atau bisa dibaca di dalam hati saja.
  2. Membaca takbir sembari mengangkat kedua tangan ke atas.
  3. Disunnahkan untuk membacakan doa iftitah.
  4. Membaca surat Al Fatihah yang kemudian dilanjutkan dengan bacaan surat pendek, seperti surat An Nas, Al Falaq, dan juga Al Ikhlas.
  5. Kemudian dilanjutkan dengan tata cara sholat seperti pada umumnya.

Setelah melakukan salam, sangat dianjurkan untuk membaca wirid, tahmid, takbir, tasbih, istighfar, dan juga sholawat yang kemudian dilanjutkan dengan membaca doa untuk sholat tahajud. Sholat sunnah tahajud ini dapat dikerjakan setelah tidur.

Jadi, sholat tahajud dapat dilakukan setelah sholat isya’ sampai sebelum waktu sholat subuh tiba, namun harus didahulukan dengan tidur. Akan tetapi, waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat tahajud ini adalah pada sepertiga malam terakhir.

Sholat tahajud mempunyai banyak sekali keutamaan. Maka dari itu, sholat sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan apabila mampu. Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang ada dalam sholat tahajud.

1. Mendapatkan Kedudukan Terpuji

Dalam Q.S Al Israa ayat ke 79, disebutkan bahwa Allah SWT akan mengangkat derajat hambanya yang senantiasa melaksanakan sholat tahajud pada sepertiga malam.

2. Dijanjikan untuk Masuk Surga

Nabi Muhammad SAW dalam H.R Ibnu Majah bersabda jika orang-orang yang menyebarkan salam, memberi makanan bagi orang-orang yang membutuhkan, menjaga tali silaturahim, dan juga sholat di sepertiga malam ketika orang lain tertidur, maka orang-orang tersebut niscaya akan masuk surga.

3. Sholat Sunnah yang Paling Utama

Sholat tahajud atau yang bisa disebut sebagai qiyamul lail merupakan golongan sholat sunnah yang paling utama. Hal ini terdapat pada sabda Nabi Muhammad SAW yang tertera dalam H.R An Nasa’i.

4. Memberi Kemuliaan dan Kewibawaan

Orang yang melaksanakan sholat tahajud tidak hanya akan mendapatkan kedudukan yang tinggi, tetapi juga diberikan kemuliaan dan kewibawaan secara langsung oleh Allah SWT.

5. Doanya Dikabulkan

Siapa saja yang senantiasa melaksanakan sholat tahajud dan memanjatkan doa, InsyaAllah doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT. Terlebih lagi jika ia melakukannya pada sepertiga malam.

6. Kebiasaan Orang Shalih

Melaksanakan sholat tahajud merupakan kebiasaan dari orang-orang shalih pada zaman dahulu. Maka dari itu, bagi siapa saja yang melakukan sholat sunnah tersebut, maka ia akan dicatat sebagai orang yang shalih.

7. Mencegah Dosa

Sholat tahajud juga dapat menghapus seseorang dari perbuatan yang menimbulkan dosa. Orang yang melaksanakan sholat tahajud ini akan meminta dirinya agar dijauhkan dari perbuatan maksiat dan juga dosa.

8. Menolak Penyakit

Atas izin Allah SWT, orang yang melaksanakan sholat tahajud ini akan dijauhkan dari segala jenis penyakit dan selalu dijaga kesehatannya. Keutamaan dari sholat tahajud ini sudah teruji secara medis.

Itulah tadi penjelasan mengenai niat sholat tahajud dan juga beberapa keutamaannya. Dengan melaksanakan sholat sunnah ini, diharapkan kita sebagai umat muslim dapat lebih menjalankan kehidupan ini sesuai dengan syariat yang telah tertulis dalam ayat suci Al Quran dan selalu mengingat Allah SWT.

Dan apabila anda ingin mengetahui niat sholat subuh, silahkan baca tulisan niat sholat subuh disini.

Leave a Comment