Niat Sholat Witir

Niat Sholat Witir – Ada beberapa hadits yang menyebutkan apabila melaksanakan sholat witir sama halnya dengan sholatnya kekasih Allah. Sholat witir bahkan merupakan salah satu sholat sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Bahkan Nabi Muhammad SAW tidak pernah sekalipun meninggalkan sholat Witir terkecuali jika Nabi Muhammad SAW mengqadha sholatnya sesudah melaksanakan sholat subuh.

Pengertian Sholat Witir

Sebelum Anda memahami bagaimana niat sholat Witir, maka yang harus Anda pahami adalah pengertian dari sholat Witir ini sendiri. Untuk sholat Witir adalah sholat sunah yang istimewa.

Bahkan dari jumlah rakaatnya sendiri, sholat witir ini cukup berbeda dibandingkan dengan beberapa sholat sunah yang lainnya. Dari keutamaannya saja, sholat witir juga sudah berbekal dengan beberapa keutamaan-keutamaan yang melimpah.

Keutamaan dari Sholat Witir

niat sholat witir
ibnuasmara.com

Sholat Witir bahkan memiliki banyak keutamaan sehingga Rasulullah menyarankan agar para umat Islam agar melaksanakan sholat ini. Nah, untuk beberapa keutamaannya adalah:

1. Amal Yaumiyah Rasulullah

Sholat Witir adalah salah satu amal yaumiyah yang sudah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

2. Allah Sangat Mencintai Witir

Allah SWT mencintai siapa pun umat-NYA yang melaksanakan witir. Karena sholat dengan rakaat witir ini memberikan pahala yang cukup besar bagi siapa pun yang melaksanakannya.

3. Amalan Ahli Al-Quran

Para ahli Al-Quran di kalangan sahabat-sahabat Rasulullah yang bahkan hafal Al-Quran adalah sahabat yang selalu melaksanakan sholat witir. Dengan seringnya Anda melaksanakan sholat witir, maka Anda pun bisa meniru para sahabat Rasul yang merupakan penghafal Al-Quran.

4. Sangat Disarankan Oleh Rasulullah

Melaksanakan sholat witir bahkan cukup ditekankan oleh Rasulullah untuk Umat Islam agar mereka semua melaksanakan sholat witir. Bahkan untuk melaksanakan sholat witir, siapa pun umat Muslim disarankan untuk melaksanakannya setiap hari.

Kapan Melaksanakan Sholat Witir?

Untuk melaksanakan sholat Witir ini dilakukan di malam hari dengan tujuan untuk mengganjili sholat-sholat dengan jumlah rakaat yang genap bahkan dianjurkan untuk menjadikan sholat akhir dari sholat malam yang akan Anda lakukan.

  Niat Sholat Hajat dan Tata Cara Sholat Sunnah Hajat

Maka dari itu, apabila Anda bermaksud untuk melakukan sholat Tahajud terutama di malam hari, maka Anda sebaliknya tidak melaksanakan sholat Witir ketika akan pergi tidur namun lebih baik untuk melakukannya setelah melaksanakan Sholat Tahajud.

Berapa Rakaat Sholat Witir?

Dinamakan sebagai Sholat Witir karena sholat ini dikerjakan dengan bilangan atau rakaat yang ganjil. Jadi, total dari jumlah rakaat sholat Witir ini ganjil dengan minimal rakaatnya adalah satu dan untuk jumlah maksimalnya adalah sebelas rakaat.

Sholat Witir bahkan boleh dilakukan keseluruhnya dengan satu salam saja maupun dilakukan dengan dua rakaat lalu salam. Sedangkan untuk rakaat terakhir hanya Anda lakukan satu rakaat.

Bacaan Niat Sholat Witir

Sedangkan untuk bacaan niat sholat Witir adalah sebagai berikut ini:

# Bacaan Niat Sholat Witir Satu Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً للهِ تَعَالَى

“Ushallii Sunnatal Witri Rak’atan Lillaahi Ta’alaa.”

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah Witir satu rakaat karena Allah ta’alaa”

# Bacaan Niat Sholat Witir Dua Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى

“Ushallii Sunnatal Witri Rak’ataini Lillaahi Ta’alaa.”

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah Witir dua rakaat karena Allah ta’alaa”

Untuk niat dari sholat Witir di atas adalah niat sholat apabila Anda mengerjakannya sendirian. Perlu Anda ketahui juga bahwa sholat Witir juga diperbolehkan untuk dilakukan secara berjamaah.

Misalnya ketika memasuki bulan Ramadhan yaitu ketika selesai melaksanakan sholat Tarawih untuk kemudian dilanjutkan dengan sholat Witir secara berjamaah.

• Membaca Niat Sholat Witir Berjamaah 1 Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً (إماما/مأموما) للهِ تَعَالَى

“Ushallii Sunnatal Witri Rak’atan (Imaaman/Makmuuman) Lillaahi Ta’alaa.”

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah Witir satu rakaat (jadi imam/makmum) karena Allah ta’alaa”

• Membaca Niat Sholat Witir Berjamaah 2 Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ (إماما/مأموما) للهِ تَعَالَى

“Ushallii Sunnatal Witri Rak’ataini (Imaaman/Makmuuman) Lillaahi Ta’alaa.”

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah Witir satu rakaat (jadi imam/makmum) karena Allah ta’alaa”

Jadi, itulah sejumlah informasi yang bisa Anda perdalam tentang sholat sunah yang bahkan memberikan begitu banyak keutamaan bagi siapa pun yang bisa menjalankannya sekaligus mengamalkannya.

Dan jangan lewatkan untuk membaca artikel lain tentang niat sholat jumat serta keutamaannya.

Leave a Comment