Download Shalawat Ibrahim dan Keutamaannya

Shalawat Ibrahim dan Keutamaannya – Bershalawat adalah salah satu cara untuk selalu mengingat dan mengharap syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Karena hanya dengan syafaatnya yang akan melindungi kita dan masuk pada golongan ahlu syurga bersama dengan umat Nabi Muhammad yang Sholeh dan Sholehah.

Bacaan shawat selalu memberikan ketentraman hati dan juga fikiran. Sebab selain keutamaannya juga akan sangat menenangkan terlebih ditambah dengan iringan musik rabana terutama pada musik modern seperti saat ini.

Salah satu bacaan shalawat yang seringkali di lantunkan oleh umat muslim adalah shalawat Ibrahim atau yang sering disebut dengan shalawat Ibrahimiyah. Tentu sebagian besar umat slam pahan dan hafal, sebab shalawat ini juga terdapat di tasyahud akhir atau tahyat akhir dalam shalat.

Bahkan menurut Syeikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani, menerangkan jika sholawat ibrahim ini memiliki shighot yang paling sempurna diantara shalawat yang lainnya. Karena kesempurnaan inilah jumhur ulama sepakat jika shalawat ini dimasukan dalam bacaaan shalat.

Banyak sekali periwayat hadits sohih yang menerangkan tentang shalawat ini. Sampai akhirnya, shalawat ini memiliki banyak keutamaan ataupun fadhilahnya.


sholawat ibrahim
Lafal Shalawat Ibrahimiyah

Sebelum maksud pada fadhilahnya, bagi Anda yang awam akan sangat perlu mengetahui arti atau terjemah dari shalawat Ibrahim ini. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kesalah tafsiran pada shalawat ini.

Berikut ini terjemahannya dari shalawat ini diantanya adalah sebagai berikut yaitu:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, pujian dan keagungan atas Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau limpahkan rahmat atas Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah keberkahan atas Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau limpahkan atas Nabi Ibrahim dan keluatgan Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpui Lagi Maha Pemurah di alam semesta”.

Banyak yang memperdebatkan tentang penggunaan kalimat Sayyidina. Sehingga muncul pertanyaan, apakah harus menggunakan atau tidak?

Penggunaan kata Sayyidina yang terkadang ada yang menggunakan adapula yang tidak melafalkan maka bukanlah sebuah masalah. Akan tetapi para ulama lebih menganjurkan untuk menggunakan atau melafalkan kaliamat Sayyidina.

Dasar pengucapan sayyidina ini selain untuk tata krama terhadap pangkat Beliau penggunaan kata ini juga lebih utama dibandingkan tidak menggunakannya. Bahkan menurut imam Ahmad bin Hajar menuturkan jika penambahan kalimat sayyidina sebelum kata Muhammad tidaklah mengapa. Justru menjadi tata krama yang perlu diperhatikan.

  Download MP3 Sholawat Fatih Merdu

Banyak sekali faedah atau hikmah yang bisa di ambil dari mengamalkan shalawat ini yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Setidaknya setiap shalat selalu membacanya dan alangkah lebih baik paling tidak setelah shalat membanaya kembali minimal sebnyak 3x. Dengan begitu, niscaya Allah akan mengabulkan hajat yang dibutuhkan Anda.

Karena kembali lagi bahwa Allah akan mengabulkan doa atau hajat seorang kaum jiak memang ia membutuhkannya bukan menginginkannya. Apabila diamalkan secara istiqomah slawat ibrahimiyah ini akan sangat berpengaruh bagi kehidupan Anda. Khususnya bagi Anda yang mempunyai keinginan besar untuk menuanikan ibadah Haji.

Tidak hanya itu, keutamaan lain dari shalwat ini menurut beberapa ulama jika dibaca sebanyak seribu kali dengan hati yang ikhlas dan niat yang bersungguh-sungguh. Niscaya dapat bermimpi berjumpa dengan Rasullallah SAW. Sebuah anugerah yang tidak bisa dimiliki oleh orang lainnya.

Menurut Imam Ahmad As-Shawi menjelaskan dalam hadisnya;

“Barang siapa membaca shalawat ini maka Aku (Muhammad) bersaksi baginya di hari kiamat nanti dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya”.

Inilah mengapa mendapatkan syafaat Rasullallah senantiasa akan menyelematkan dari pedihnya hari akhir dan siksa kubur.

Shalawat ini juga dianjurkan untuk diamalkan sehari-harinya oleh umat Nabi Muhammad SAW. Salah satu hak Rasullallah yang disyariaatkan kepada umatnya yaitu agar senantiasa memperbanyak shawalat dan salam beliau. Oleh karena itu, akan mendapat syafaat dan tidak merugi serta akan sangat bermanfaat pembacaan sholawat.

Sholawat Terbaik

Bagi Anda yang belum paham dan berusaha untuk menghafal sholawat ibrahim ini. Anda dapat mendownloadnya di bawah ini. Semoga senantiasa mendapatkan berkah dan juga barakah dari Allah melalui Shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Download Sholawat Ibrahimiyah

Link Download

Dan semoga senantiasa mendapat syafaat dan perlindungan serta menjadi golongan orang-orang pecinta shalawat.

Leave a Comment