Bacaan Shalawat Munjiyat Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Sholawat Munjiyat – Salah satu dari bacaan sholawat yang sering dihapal dan juga diamalkan oleh muslim Indonesia yaitu sholawat munjiyat, atau yang bisa juga disebut dengan sholawat tunjina. Samahalnya seperti fadhilah sholawat nariyah yang mana telah banyak dirasakan oleh pengamalnya.

Fadhilah dari sholawat tunjina ini juga sudah banyak juga yang membuktikannya untuk menggapai hajat-hajatnya.

Oleh sebab itu, kami disini akan pembahasan mengenai sholawat munjiyat ini.

Bacaan Sholawat Munjiyat/Tunjina Arab, Latin dan Artinya

sholawat munjiyat

Latinnya:

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Sejarah Sholawat Munjiyat/Tunjina

Sholawat Tunjina yang dinisbatkan kepada Syaikh Musa Al Dlarir. Yang mana beliau mendapat bacaan sholawat Tunjina ini langsung dari Nabi Muhammad SAW. yang datang melalui mimpi beliau.

  Download Shalawat Tarhim (Sholawat Sebelum Adzan)

Diceritakan bahwa pada suatu waktu, ketika Syaikh Musa Al Dlarir ini sedang bepergian dgn menaiki kapal bersama dgn banyak orang.

Dalam perjalanannya tersebut tiba-tiba keadaan cuaca mulai berubah, angin kencang kemudian ombak besar menerpa kapal yang ditumpanginya. Sehingga membuat kapal beliau bergoyang dengan hebatnya.

Kekacauan ini membuat para penumpang kebingungan, bagaimanakah cara agar bisa selamat dari cuaca buruk tersebut. Kemudian dalam keadaan seperti itulah, Syaikh Musa Al Dlarir kemudian merasakan kantuk sangat berat yang tidak bisa ditahannya. Sehingga beliaupun pada akhirnya tertidur.

Dalam tidurnya ini, Syaikh Musa dalam mimpinya didatangi oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, dan disaat itu pula beliau diberi Sholawat Tunjina, dgn pesan untuk kemudian mengajarkannya kepada para penumpang kapal, dibaca 1000 kali.

Kemudian setelah beliau terbangun dari tidurnya itu, Syaikh Musa pun langsung menceritakan mimpinya tersebut kepada para penumpang kapal, dan selanjutnya mengajarkan sholawat yang diterima dari Baginda Nabi Muhammad tadi. Kemudian setelah itu, mereka bersama-sama membaca sholawat Munjiyat.

Dan belum genap pada hitungan ke-1000, kira-kira sekitar pada hitungan 300an kali, berkat pertolongan Allah SWT, cuaca pun berangsur-angsur menjadi lebih baik, angin dan juga ombak kembali menjadi lebih tenang. Dan mereka diberikan keselamatan oleh Allah SWT berkat fadhilah dari sholawat tunjina ini.

Fadhilah dan Penjelasan Sholawat Munjiyat oleh Ustadz Yusuf Mansur

Keutamaan Sholawat Munjiyat oleh Habib Novel bin Muhammad Alaydrus

Baca juga sholawat lainnya seperti sholawat badar dan sholawat tarhim.

Leave a Comment