Tulisan Arab Assalamualaikum

Tulisan Arab Assalamualaikum – Assalamu’alaikum adalah kalimat salam yang diucapkan oleh sesama orang Islam. Dalam Islam sendiri mengucapkan salam adalah bagian yang penting sebagai bentuk rasa hormat sekaligus do’a.

Memberikan salam itu hukumnya sunnah, akan tetapi menjawab salam adalah sesuatu yang wajib di balas. Salam memiliki arti yang sangat substansial dan mendalam yakni “keselamatan”.

Dengan memberikan salam maka orang muslim tersebut sama halnya dengan mendoakan muslim lainnya. Orang tersebut mendo’akan semoga keselamatan senantiasa tercurah untuk saudaranya baik di dunia maupun dia akhirat serta selama mendapat rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

Assalamu’alaikum sendiri memiliki arti semoga keselamatan senantiasa tercurah untukmu. Sebagai bentuk solidaritas persaudaraan antar umat muslim atau Ukhuwah Islamiyah, membuat salam ini menjadi sesuatu yang harus dibiasakan. Artinya, dengan siapapun kita berjumpa maka ucapkanlah salam kepadanya baik kenal ataupun tidak.

Penggunaan salam ini juga dapat diucapkan ketika memasuki masjid, masuk rumah, bertamu ketempat saudara muslim, ziarah kubur dan lain sebagainya.

Akan tetapi tidak diperbolehkan membaca salam ketika memasuki kamar mandi atau toilet. Kalimat salam Assalamu’alaikum ini memiliki makna yang mendalam, antara lain:

  1. Sebagai bentuk saling menghormati dan menyayangi sesama muslim
  2. Memberikan rasa aman kepada saudaranya. Artinya, orang yang mengucapkan salam pada Anda secara langsung bahwa dia adalah orang yang baik yang terjaga dari sifat negatifnya. Karena sejatinya, orang tersebut telah mengikatkan diri untuk menjaga harga diri dan hak Anda untuk menikmati hidup.

Hampir bisa dipastikan bahwa orang yang datang mengucapkan salam selalu memiliki niat yang baik saat berkunjung atau bertemu. Jadi bisa kita simpulkan bahwa mendengar ucapan salam akan membuat kita merasa aman dan tenteram.

Tulisan Arab Assalamualaikum yang Benar

tulisan arab assalamualaikum
bukalapak.com

Setiap bahasa tentu memiliki bentuk tulisan sendiri untuk membaca salam. Akan tetapi alangkah paling utama adalah tulisan arab Assalamualaikum karena penulisannya sudah pasti dan arti yang terkandung di dalamnya tidak dipertanyakan lagi. Karena dalam bahasa arab, jika beda huruf atau harakat maka akan merubah makna.

Seseorang hanya di sunnahkan membaca salam pada batas kalimat “Assalamu’alaikum” dan lebih lengkapnya ditambah dengan “Warahmatullahi Wabarakatuh”, kalimat tersebut tidak begitu mempengaruhi.

Akan tetapi bagi yang menjawab maka lebih dianjurkan untu menjawab secara lengkap. Inilah seni yang harus kita ingat agar kita mendapatkan manfaat dari mengucap dan membalas ucapan Assalamu’alaikum dari orang lain.

Dalam Qur’an Surat An-Nisa ayat 86 menegaskan sekaligus mengingatkan bahwa jika ada seseorang yang mengucapkan salam, maka jawablah dengan yang sebanding dengannya atau justru melebihkannya.

Dengan begitu, jika seseorang mengucapkan kalimat Assalamu’alaikum, maka kita memiliki kewajiban untuk membalasnya dengan mengucapkan “Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ketentuan Membaca atau Mengucapkan Salam

Terkait hal tersebut, Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Adzkar membagi ketentuan salam menjadi 3 bagian yang diperbolehkan. Diantaranya yaitu:

  1. Diperbolehkan membaca hanya sebatas Assalamu’alaikum yang memiliki arti semoga kesalamatan senantiasa untukmu. Lakukan dengan tulus dan nada yang tidak mengganggu.
  2. Bentuk kalimat salam yang kedua adalah Assalamu’alaikum Warahmatullah yang memiliki arti tambahan rahmat bagimu. Baik ketentuan yang pertama maupun yang kedua ini sama-sama dianjurkan.
  3. Dan yang terakhir adalah pengucapan salam secara lengkap yaitu Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh dengan arti semoga engkau seantiasa diberi keselamatan dan rahmat serta keberkahan dari Allah Swt.

Inilah yang membedakan salam dalam Islam dengan salam dari agama lain. Akan tetapi tujuannya tetap sama yakni sebagai bentuk untuk menghormati yang lainnya.

  Tulisan Arab Bismillah dan Artinya yang Benar

Islam adalah agama yang sempurna dan penuh dengan perdamaian, maka dari itu, segala bentuk perbuatan baik dihitung sebagai ibadah dan memperoleh pahala.

Jika ditulis dalam bahasa latin atau Indonesia, maka kalimat salam akan tertulis “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh”. Dalam tulisan arab Assalamu’alaikum akan tertulis:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Berbeda jika ditulis dalam bahasa inggris, Assalamu’alaikum dalam bahasa Inggris maka akan berbunyi May the peace, mercy and blessings of Allah be upon you.

Apapun bentuk tulisannya, salam tetaplah salam yang memiliki tujuan dan maknanya sama. Dalam sebuah hadir menganjurkan untuk kita memberikan salam pada orang yag lebih tua, pada orang yang lewat atau orang yang sedang duduk dan pada segerombol orang yang tengah berkumpul dan bergurau bersama.

Tata Cara Penulisan Salam

penulisan salam yang benar
serbabisnis.com

Sering sekali kita menuliskan atau menemui penulisan salam dalam sebuah pesan SMS atau lain sebagainya. Penulisan yang baik adalah ditulis secra lengkap tanpa harus disingkat. Sebab beberapa singkatan dari pengucapan Assalamu’alaikum sering mengalami kesalahan penulisan.

Mislnya Ass, Asx, bahkan hanya kata Mikum. Asx sediri dalam bahasa inggris mempunyai arti panxat. Hal tersebut tentu sangat melenceng dari makna kalimat yang sesungguhna.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan singkatan. Dengan demikian bukan berarti tidak diperbolehkan dalam menyingkat kalimat salam.

Boleh menulis dengan singkatan pada sebuah pesan, dengan artian si penerima pesan memahami kasud kata tersebut.

Selain itu, si penerima pesan tidak perlu berantanya tentang maksud kalimat seperti Assalamu’alaikum Wr. Wb. Tidak mungkin dalam persepsi mereka Wr. Wb memiliki pengucapan lain.

Larangan dalam Salam

Pemberian salam adalah sesuatu yang dianjurkan akan tetapi ada beberapa hal yang mebuat kalimat itu tidak boleh diucapkan. Salam tidak oleh diucapkan bagi mereka yang non muslim. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Rasulullah SAW bersabda:”Janganlah kalian mengucapkan salam lebih dahulu kepada Yahudi dan Nasrani…” (HR Imam Muslim dari Abu Hurairah r.a).

Namun apabila mereka mengucapkan salam “Assalamu’alaikum” terlebih dahulu kepada kita, maka jawablah dengan mengucapkan “Wa’alaikum”.

Sebagaimana Hadis Riwayat Imam Bukhari yang berbunyi:

إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَهْلُ الْكِتَابِ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ

Artinya:

Jika ada seorang ahli kitab (Yahudi dan Nasrani) memberi salam kepada kalian, maka balaslah dengan ucapan ‘Wa’alaikum’.

Lain halnya jika mengucapkan salam ketika dalam sebuah perkumpulan yang dimana terdiri dari orang Islam dan non Islam.

Orang Islam boleh mengucapkan salam pada kelompok tersebut dengan niat dalam hati di khususkan untuk orang Islam. Dan ucaplah “Salam Sejahtera” sebagai bentuk toleransi dengan orang non-Islam.

Itulah beberapa penjelasan tentang Salam. Sebagai sesuatu yang substansial membuat salam tidak hanya menunjukan kesopanan akan tetapi ikut serta mendo’akan. Sesungguhnya do’a dari orang lain adalah do’a yang akan di ijabah oleh Allah Swt.

Selain itu, dengan adanya salam akan mempererat hubungan kita dengan saudara sesama muslim. Sebab, pada dasarnya semua orang Islam adalah saudaranya sendiri.

Biasakanlah salam ini baik tetika menulis pesan maupun lewat lisan. Diusahakan tulisan Assalamualaikum dalam bahasa arab dari pada menggunakan bahasa lain.

Hal tersebut dsebabkan untuk menghindari kesalahpahaman dalam penafsiran. Maka dari itu, perhatikanlah dalam menulis salam karena itu berpengaruh pada makna do’a yang diucapkan.

Dan baca juga artikel mengenai Tulisan Arab Bismillah yang benar. Semoga bermanfaat

Leave a Comment